Ibu, Hindari Makanan Ini Ketika Menyusui

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Saat menyusui, ASI yang para ibu berikan akan memberi pengaruh besar pada sang buah hati. Oleh karena itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak terkandung pada ASI yang nantinya dikonsumsi oleh si mungil.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Sangat penting untuk para ibu menyusui, memperhatikan asupan makanannya. Sebab, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari, karena turut memberi dampak pada bayi, seperti dilansir dari laman Baby Arabiya.

Ibu menyusui.

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Dijamin Gak Bikin Begah

1. Kafein

Hindari segala bentuk minuman yang mengandung kafein. Dampak kafein bisa berbahaya pada si mungil, sebab membuatnya harus mengalami insomnia.

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, Kesehatan Bisa Terancam

2. Kacang-kacangan

Jenis kacang, seringkali menjadi sebuah alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kacang-kacangan karena mungkin saja, bisa sebabkan alergi serta iritasi di kulit si mungil.

3. Jenis makanan yang menyebabkan gas di lambung

Sebaiknya hindari jenis makanan yang menyebabkan kumpulan gas pada area lambung, seperti kol dan brokoli. Keduanya memberikan dampak perut yang penuh dengan gas.

4. Bawang putih

Konsumsi berlebihan pada bawang putih dapat membuat rasa pada ASI sedikit berubah. Hal tersebut memberikan efek tidak menyenangkan pada bayi.

5. Beberapa jenis buah

Memang sudah seharusnya buah-buahan menjadi pilihan makanan utama untuk menjaga keseimbangan diet. Tapi, sebaiknya hindari beberapa jenis buah yanh berefek pada alergi maupun nyeri pada perut si mungil, seperti jenis buah citrus. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya