Empat Ruangan di Rumah yang Jadi Sarang Bakteri

Ilustrasi kamar mandi
Sumber :
  • Pixabay/midascode

VIVA.co.id – Bakteri bisa ada di mana saja. Bahkan di dalam rumah sekalipun. Telepon genggam, dinding, pintu dan area lain bisa jadi sarang bakteri.

Trik Jitu Bersihkan Furniture Rumah di Masa Pandemi

Setiap ruangan yang Anda masuki bahkan bisa saja dihinggapi oleh bakteri. Namun, meskipun terdapat bakteri tidak berbahaya dan memiliki manfaat, beberapa bakteri lain bisa jadi bersifat sebaliknya dan sudah menajadi hal yang lazim bagi pemilik ruangan untuk menjaga kebersihan setiap sudut rumah.

Di antara semua ruangan yang Anda miliki, beberapa ruangan berikut menjadi empat sarang bakteri terbesar dilansir laman Mashable. Apa saja? Berikut di antaranya:

Ngeri, Kuman di Ponsel Ternyata 10 Kali Lebih Banyak dari Toilet

Kamar mandi

Ketika ditanya mengenai ruangan dengan bakteri terbanyak, sebagian besar menganggap kamar mandi adalah jawabannya. Meskipun kamar mandi dianggap sebagai area yang paling banyak ditinggali bakteri, ternyata air yang mengalir membuatnya lebih bersih (dari bakteri). Namun perlu Anda tahu, wastafel dan tempat pinyampanan sikat gigi adalah tempat yang rentan disinggahi bakteri termasuk dinding kamar mandi.

Hidup Terlalu Higienis, Picu Penyakit?

Dapur

Sejauh ini dapur juga sebagai tempat dengan bakteri terbanyak dibanding ruangan lain di dalam rumah. Tak hanya ruangan dapur, alat dapur yang digunakan masak setiap hari, juga bisa jadi sarang bakteri. Salah satu contohnya adalah talenan. Talenan bisa memiliki hingga 200 kali lebih banyak bakteri ketimbang dudukan toilet. Busa dan tempat pencucian piring terkontaminasi lebih banyak bakteri ketimbang ruangan lain di rumah Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan dapur.

Ilustrasi pisau dapur

Tempat mencuci pakaian

Mungkin tidak semua orang memiliki ruangan ini. Namun perlu diketahui bahwa ruangan ini juga berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan bakteri berbahaya. Tempat ini adalah tempat yang Anda gunakan untuk menumpuk pakaian kotor dari hari ke hari. Tumpukkan tersebut memicu pertumbuhan bakteri hingga akhirnya dicuci. Tidak hanya pakaian, bakteri pun bisa merambat hingga ke dinding ruangan.

Ruang Olahraga

Jika Anda memiliki ruangan yang khusus digunakan untuk berolaharaga atau memiliki ruangan yang juga digunakan untuk keperluan olahraga, ada kemungkinan ruangan tersebut juga menjadi tempat yang menyenangkan bagi bakteri untuk berkembangbiak. Pertumbuhan ini dipicu oleh keringat dan benda-benda yang Anda sentuh selama berolaharaga seperti matras atau bola.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya