Makanan Terbaik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Olahraga

Berolahraga.
Sumber :
  • Pixabay/Skeeze

VIVA.co.id –Melakukan kegiatan olahraga memang memiliki banyak manfaat dan efek positif untuk tubuh. Aktif berolahraga bisa melatih kekuatan otot, memperlancar sirkulasi darah dan kesehatan jangka panjang bisa dirasakan.

Diet Protein Tinggi, Solusi Turunkan Berat Badan dengan Kilat

Namun perlu Anda tahu, mencukupi asupan nutrisi tubuh saat berolahraga juga sama pentingnya dengan olahraga yang dilakukan. Tidak peduli apa jenis latihan yang Anda ikuti, tapi apa yang Anda makan sebelum, selama dan setelah olahraga juga perlu diperhatikan. Dilansir laman Times of India, berikut makanan yang direkomendasikan.

Sebelum latihan cardio

Sederet Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi rendah lemak dan makan karbohidrat tinggi setidaknya satu jam sebelum Anda mulai. Pilihan yang ideal meliputi pisang, segelas susu atau almond.

Setelah latihan cardio

Ini 6 Makanan Diet Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi

Ini adalah waktu ketika tubuh Anda membutuhkan nutrisi sehingga tidak kehilangan energi. Cara terbaik ialah untuk memilih protein dan karbohidrat, yang akan membantu meringankan sakit pada otot Anda. Susu rendah lemak, air kelapa atau jus ialah minuman yang tepat. Bukan malah mengonsumsi minuman penuh kafein.

Sebelum latihan sirkuit

Lebih fokus pada karbohidrat dan sedikit protein. Buah-buahan adalah yang terbaik, seperti apel dan pisang adalah pilihan yang baik. Anda juga bisa makan campuran buah-buahan kering sekitar 45 menit sebelum latihan.

Setelah latihan sirkuit

Makanan ini harus terdiri makanan rendah lemak. Pilihlah salad, jus, protein kocok segar atau buah-buahan.

salad kaktus

Sebelum latihan kekuatan

Sangat penting untuk mengonsumsi protein dan karbohidrat satu jam sebelum latihan. Ini akan membantu memastikan bahwa Anda tidak mudah lelah dan juga menurunkan kemungkinan kerusakan otot.

Setelah latihan kekuatan

Ketika Anda bekerja, tubuh Anda sedang mengalami banyak gerak dan hal ini sangat mungkin membuat Anda kehausan. Oleh karena itu, penting mengonsumsi makanan yang tepat agar tubuh segera segar kembali. Setelah latihan kekuatan, Anda pun disarankan mengonsumsi protein whey atau minuman energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya