5 Model Sofa Minimalis yang Perlu Diketahui

www.dekoruma.com
Sumber :

VIVA.co.id – Konsep minimalis tengah menjadi incaran bagi banyak orang. Tidak hanya rumah, bahkan furnitur di dalamnya juga turut bergaya minimalis. Salah satunya adalah sofa. Kursi empuk ini tidak sekadar untuk duduk manis saja, melainkan juga digunakan sebagai tempat berselonjor di saat santai bersama keluarga.

Belum Paham Alasan Meninggal, Anak Stevie Agnecya: Emang Mami Udah Tua?

Sofa yang biasanya berada di ruang tamu, kini difungsikan lain dengan meletakkannya di ruang keluarga. Mungkin Anda hanya mengenal bentuk sofa ‘L’ atau menyudut yang kerap menghiasi rumah-rumah di sekitar Anda.

Bersumber dari salah satu situs belanja online, Sofa minimalis dekoruma.com memiliki beberapa model dengan fungsi berbeda. Simak informasinya di bawah ini:

Bisa Ditiru, Desain Interior Hangat untuk Momen Spesial Idul Fitri

1.    Sofa bersekat

Sofa jenis ini biasa dikenal dengan sofa bentuk ‘L’ atau sofa sudut. Alasan mengapa sofa ini disebut dengan sofa bersekat Karena Anda dapat mengubah bentuknya. Biasanya dalam satu set terdiri dari enam buah sofa dengan sebuah meja kecil menyudut atau biasanya sudut ini bisa juga berbentuk sofa. Bentuk ‘L’ dari sofa ini mampu memperkuat dimensi dan bentuk sebuah ruangan.

Mengenal Keindahan Desain Interior Italia, Kedepankan Gaya Unik dan Klasik

Anda dapat menempatkan sofa minimalis ini di ruang tamu ataupun di ruang baca. Kelebihan sofa ini adalah adanya ruang di bawah yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti remote TV, buku, dan bahkan sebuah meja lipat kecil. Jadi, Anda bisa membuka meja untuk diletakkan di depan sofa apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

2.    Sofa dengan sandaran (recliner)

Sofa jenis ini memang tidak diperuntukkan untuk duduk para tamu karena difungsikan sebagai tempat bersantai. Biasanya sofa ini diletakkan di ruang baca atau kamar tidur yang berukuran besar. Kelebihan dari sofa ini adalah adanya sandaran kaki yang bisa diatur ketinggiannya. Tidak heran jika harganya pun lebih mahal dari sofa pada umumnya. Selain itu, tampilan sofa ini tampak lebih berkelas karena menggunakan bahan berkualitas tinggi demi kenyamanan Anda saat bersantai.

3.    Sofa set

Sesuai namanya, sofa ini terdiri dari sebuah sofa dengan kapasitas 2 sampai 3 orang. Bentuknya tidak dapat diubah seperti pada sofa sudut. Ciri utamanya adalah tidak memiliki banyak lekukan seperti pada sofa lainnya dan terdapat garis lurus di setiap sudutnya.

Desain sofa set ini sangat minimalis sehingga dapat diletakkan di manapun. Meskipun sofa jenis ini tidak mampu memberikan kesan mewah di suatu ruangan, namun sofa set ini selalu pantas diletakkan di mana saja. Bahkan untuk sebuah rumah berkonsep modern, sofa minimalis ini mampu mempercantik ruangan Anda dengan menambahkan lampu hias dan kertas dinding.

4.    Sofa bed

Sofa bed ini memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai tempat duduk dan juga tempat tidur. Sofa bed cocok dipakai bagi Anda yang memiliki hunian kecil dengan ruang terbatas. Di keseharian, Anda bisa menggunakannya untuk duduk sambil menonton TV. Saat malam tiba, Anda bisa membentangkan sofa ini sehingga menyerupai sebuah tempat tidur.

5.    Sofa ruang tamu

Sofa jenis ini memang dikhususkan untuk berada di ruang tamu, sehingga Anda tidak disarankan untuk meletakkannya di ruang keluarga. Satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih sofa ruang tamu adalah warna. Meskipun Anda memiliki ruang tamu berukuran kecil, perpaduan warna sofa yang sesuai dengan interior mampu menciptakan tipuan mata, yaitu pemandangan ruang yang lebih luas.

Itulah beberapa model sofa minimalis yang Anda harus tahu saat berencana untuk mendesain ulang atau mengisi rumah baru dengan furniture minimalis di dalamnya. (Budi Yanto)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya