Makanan Berwarna Kuning dapat Membuat Bahagia

Buah pisang
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Happy Egg Company, mengonsumsi makanan berwarna kuning dapat melepaskan hormon bahagia dalam kadar yang signfikan. Hal ini karena warna kuning diasosiasikan dengan kegembiraan.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Dari penelitian tersebut terungkap bahwa 61 persen mengatakan kalau sepiring omelet yang membuat mereka paling gembira. Sementara makaroni keju menjadi makanan populer berikutnya yang diikuti dengan pisang dan panekuk.

Dilansir Metro.cu.uk, lebih dari dua pertiga dari masyarakat ingin melihat lebih banyak warna kuning di dalam lemari pendinginnya, sementara 30 persen orang lebih mengasosiasikan kuning dengan kebahagiaan dibandingkan dengan warna lainnya.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Alasannya, para psikolog mengatakan kalau kita bereaksi positif terhadap warna kuning sejak kecil. Hal ini disebabkan adanya asosiasi antara kehangatan sinar matahari dan warna mainan anak-anak yang cerah.

Selain itu, warna kuning juga beresonansi dengan otak kiri kita atau otak logis, bagian dari otak yang membuat kita memandangnya sebagai hal yang menyenangkan dan bahagia.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Makanan berwarna merah merupakan makanan favorit berikutnya setelah warna kuning, diikuti dengan warna cokelat yang mengonfirmasikan bahwa kita memang pencinta karbohidrat.

Bagian dari penelitian ini juga melibatkan pengukuran terhadap waktu merespons seseorang ketika menjawab pertanyaan mengenai warna makanan dan kebahagiaan. Ketika memilih kuning, waktu respons secara keseluruhan adalah 31 persen lebih cepat dibandingkan warna lainnya.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana warna dapat memengaruhi emosi kita, namun kami terkejut ketika menemukan bahwa begitu banyak grup makanan berwarna kuning memunculkan perasaan positif yang kuat serta menstimulasi indra perasa," kata neuropsikologis Dr David Lewis.

Dr Lewis melanjutkan, penelitian ini mengungkapkan bahwa 30 persen lebih orang mengasosiasikan kuning dengan kebahagiaan dibandingkan degan warna lain yang diujikan dan 62 persen dari partisipan menginginkan lebih banyak warna kuning di dalam lemari es nya.

Nanas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya