Alasan Olahraga Bersepeda Makin Diminati

Ilustrasi bersepeda
Sumber :
  • Pixabay/ Skeeze

VIVA.co.id – Bukan lari atau olahraga berat lainnya, melainkan bersepeda seringkali menjadi olahraga yang banyak disarankan untuk mereka yang bertubuh subur. Hal ini karena bersepeda bisa mengurangi terjadinya cedera akibat tumpuan yang terlalu berat di bagian lutut.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Seperti diketahui, lari memberikan beban berat di bagian lutut bagi mereka dengan berat tubuh berlebih. Akibatnya, bersepeda sering menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan.

Selain menjadi olahraga yang diidolakan mereka dengan berat berlebih, sepeda juga digemari kaum hawa. Selain risiko cedera yang cukup minim, bersepeda juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri wanita.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

"Tidak seperti lari yang banyak impact langsung ke badan. Ini (bersepeda) lebih halus untuk wanita. Kemudian untuk handling skill, ngebantu kita lebih percaya diri, karena kita bisa masuk ke dunia cowok tapi sebagai cewek," kata Helen Tan kepada VIVA.co.id di Senayan, Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016.

Dan bersepeda ternyata akan lebih baik jika dipadukan antara di luar ruangan (outdoor) dan dalam ruangan (indoor). Hal ini karena bersepeda di dalam ruangan melatih mental, meningkatkan kemampuan, dan bisa mengatur kecepatan saat tidak bisa dilakukan di luar ruangan.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Sedangkan bersepeda di luar ruangan akan memberikan pengalaman nyata dari jalur bersepeda, merasakan belokan ekstrem dan rute lainnya. Dengan memadukan dua hal ini akan membuat pesepeda lebih meningkat dari segi performa.

"Kalau ngomongin sepeda, kegiatan simple yang kalau tidak punya skill yang baik akan ketinggalan dengan teman yang lancar, atau mencapai kecepatan yang sama dengan teman lain. Latihan indoor ini kunci menaikkan performa," kata Fajar Arifan, mantan drummer Alexa yang aktif menjadi cyclist ini.

Berkeliling Melihat Keindahan Bali dengan Bersepeda

Lebih lanjut dia mengatakan, meski sama-sama memiliki kelebihan, memadukan bersepeda outdoor dan indoor akan membuat latihan lebih menyenangkan.

"Di indoor spesifik, dalam satu ruangan waktu pendek. Jadi kalau bersepeda di luar jadi lebih menyenangkan, juga sebaliknya. Tapi begitu meng-combine latihannya, hasilnya jadi jauh lebih berbeda," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya