Empat Makanan yang Bantu Tingkatkan Asupan Serat

Buah alpukat.
Sumber :
  • pixabay/Tookapic

VIVA.co.id – Serat memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Bahkan, serat merupakan rahasia kesuksesan penurunan berat badan.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Kebanyakan orang tahu bahwa serat berperan penting dalam menjaga kesehatan usus besar. Tapi, sebenarnya serat juga membantu menjaga perut kenyang lebih lama. Serat juga menekan ghrelin, hormon yang memberitahu Anda ketika Anda lapar. Manfaat serat lainnya adalah menjaga tingkat gula darah.

Itulah mengapa penting untuk mengonsumsi cukup serat setiap hari. Namun, bagi Anda yang memang tidak menyukai makanan berserat, ada beberapa cara untuk tetap mendapatkan serat. Seperti dilansir dari laman Prevention, berikut adalah lima makanan yang mampu membantu meningkatkan asupan serat Anda.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Alpukat

Satu alpukat mengandung 10 gram serat, serta omega-3 dan nutrisi lain seperti kalium. Tambahkan beberapa irisan buah alpukat ke dalam salad. Anda juga bisa membuat saus cocolan dari alpukat yakni guacamole yang terbuat dari alpukat, bawang putih, garam dan air perasan jeruk nipis.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Protein shake

Jam sarapan dan makan siang shake adalah waktu yang ideal untuk mengonsumsi serat. Nah, dalam hal ini protein shake akan membantu mencukupi kebutuhan serat harian tubuh. Buat protein shake dari kacang kedelai dan tambahkan beberapa bahan lain seperti raspberry, bayam atau biji rami giling.

Biji chia

Meski kecil, biji chia juga dikenal sebagai salah satu superfood. Dua sendok makan biji chia mengandung 10 gram serat. Belum lagi kandungan omega-3, lemak dan protein di dalamnya. Untuk itu, cobalah mencampur biji chia dengan protein shake atau menjadikannya bahan pembuat puding dengan mencampurnya bersama santan, vanili dan buah.

Biji Chia

Mi shirataki

Mi tipis yang terbuat dari tepung beras ini memiliki fleksibilitas dan tekstur seperti pasta gandum yang bebas gluten (tidak mengandung karbohidrat). Sebaliknya, mereka mengandung protein nabati dan hampir bebas kalori. Jadi mengonsumsi shirataki juga cara yang baik untuk mencukupi asupan serat Anda sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya