Jadi Tren Mancanegara, Kini Criterium Diminati di Indonesia

Criterium
Sumber :
  • instagram.com/fitnessfirst_id

VIVA.co.id – Mihat tingginya minat masyarakat akan olahraga sepeda, Fitness First menggelar event Fitness First Criterium. Criterium adalah perlombaan sepeda yang terdiri dari beberapa putaran dengan jarak setiap putaran sekitar satu hingga dua kilometer. Biasanya, olahraga ini memakan waktu lebih sedikit jika dibandingkan perlombaan sepeda lainnya.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

"Criterium sifatnya looping, 3 atau 4 loop. Jarak bisa 1 sampai 5 kilometer. Kalau di luar (negeri) di jalan raya. Waktu itu di Jakarta ada Tour de Jakarta. Intinya muterin sebuah track," ujar Helen Tan, cyclist wanita yang tergabung dalam Women's Cycling Community (WCC), dalam press conference peluncuran Cycling Program Pro45, di Senayan City, Jakarta, 20 Oktober 2016.

Meski jaraknya cukup pendek, jangan dikira criterium mudah dilakukan. Hal ini karena criterium memerlukan technical skill yang baik untuk mencapai performa memuaskan dan tetap menjaga keselamatan. Untuk itu dibutuhkan latihan khusus bagi mereka yang ingin mengikuti lomba ini.

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

"Tidak hanya kecepatan atau fitness level yang diperlukan. Tapi juga strategi. Kedua, harus pintar-pintar technical. Banyak belokan tajam dilakukan dengan speed tinggi. Kita harus punya fitness level, teknik riding yang mumpuni, karena kita harus pintar untuk belok dan attack di saat yang tepat. Makanya ada latihan interval. Jadi tidak hanya steady, kadang cepat kadang lambat di saat yang tidak kita sadari, karena lomba ini pendek tapi kenceng," imbuhnya.

Criterium sendiri sudah sejak lama menjadi tren di luar negeri dan beberapa tahun ini semakin diminati masyarakat Indonesia.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

"Banyak penggiat cycling, baik dari komunitas maupun individu, seringkali terlibat dalam berbagai perlombaan besar bertaraf internasional, seperti pada salah satu event perlombaan sepeda, JIExpo Criterium 2014 yang mencapai lebih dari 1.000 peserta," katanya lagi.

Untuk itu, brand kebugaran yang mengadakan lomba ini di bulan Desember pun melatih para member ataupun nonmember mempersiapkan lomba Criterium tersebut. Berbeda dengan kelas cycling pada umumnya yang berfokus pada pembakaran lemak, kelas cycling yang disebut Pro45 ini lebih fokus untuk mendukung performa peserta perlombaan.

"Sehingga mereka bisa mencapai performa terbaik, dan terhindar dari crash," kata Julia Nurdin, Marketing Manager Fitness First Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya