Tips Agar Si Kecil Tak Takut ke Dokter Gigi

Ilustrasi dokter gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kesehatan mulut dan gigi, penting untuk dijaga sejak dini. Namun, bukan hal yang mudah untuk mengajak si kecil memeriksakan kesehatan rongga mulut ke dokter. Seringkali, anak-anak merasa gugup dan cenderung ketakutan saat akan menemui dokter gigi.

Gegara Bongkar Dugaan Perselingkuhan Suami, Seorang Istri Malah Ditetapkan Jadi Tersangka

Lalu, bagaimana mempersiapkan si kecil agar tidak takut untuk bertemu dokter giginya?

Menurut seorang dokter gigi anak, Warren Loeppky, kuncinya adalah memberikan kesan tenang, percaya diri dan positif pada si kecil. Jangan memberikan kesan gambaran menakutkan mengenai dokter gigi.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

"Berikan informasi dasar pada si kecil seperti ke dokter gigi hanya untuk membersihkan kuman jahat di giginya," ucapnya seperti dikutip laman Todaysparent.

Selain itu, buat deskripsi menyenangkan bahwa tindakan pada dokter gigi akan berlangsung cepat dan minim nyeri. Terlebih, setelah mendapatkan tindakan yang menimbulkan sakit, si kecil akan merasa trauma untuk datang ke dokter gigi kembali.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

"Setelah tindakan, berikan pemahaman pada si kecil bahwa rasa nyaman akan kembali dan mengurangi nyeri. Pastikan juga si kecil tidak menyakiti dirinya sendiri," jelasnya.

Disarankan juga, selalu jaga pola makan si kecil agar makanan yang dikonsumsi, tidak merusak bagian giginya. Terlebih, dengan rutin membersihkan gigi ke dokter, maka akan mengurangi adanya kerusakan gigi secara dini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya