Lima Makanan Ini Punya Manfaat Luar Biasa bagi Kesehatan

Kentang.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Saat ini sudah banyak obat-obatan yang beredar untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit atau untuk sekadar menjaga tubuh untuk tetap fit sepanjang hari. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa obat-obatan tersebut bisa digantikan dengan makanan yang lebih alami dan mudah dijumapi di pasar.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Dilansir laman Lifehack, jika Anda menderita penyakit ringan, makanan berikut bisa membantu mengatasinya.

Bok choy

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Jika Anda sedang menjalani program diet ketat, mengeliminasi asupan nutrisi tentu menjadi tantangan tersendiri. Untungnya, bok choy atau kubis China bisa menjadi solusi agar nutrisi tetap terjaga. Sayuran ini masih 'bersaudara' dengan brokoli dan kubis.

Satu cangkir bok choy bisa memenuhi 64 persen asupan vitami K, 59 persen vitamin C, 40 persen vitamin A harian dan beberapa mikronutrisi penting lain. Bok choy juga dikenal sebagai sumber kalsium, kalium dan vitamin B6, mangan, zat besi dan serat.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Kayu manis

Kayu manis memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan ini membantu melindungi sel tubuh dari senyawa oksigen yang dibawa oleh radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi antioksidan secara teratur telah terbukti dapat mencegah penyakit jantung, Alzheimer’s dan demensia.

Tak hanya itu, antikoksidan juga berguna untuk mencegah timbulnya tanda-anda penuan seperti kerutan halus dan hilang ingatan.

Buncis

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang semakin besar saat ini. Penyakit ini disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Meskipun Anda sudah melakukan diet gula, Anda ternyata juga wajib mengonsumsi buncis, karena sayuran ini ternyata juga bisa mengatasi diabetes.

Tumbuhan satu ini dapat menurunkan kadar insulin dan menyebarkan gula ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, buncis juga ampuh untuk memerangi kadar gula darah yang tidak normal yang bisa memicu diabetes.

Ilustrasi buncis/mencuci sayuran

Kentang

Layaknya tomat dan terung, kentang adalah bahan makanan yang mudah diproduksi, namun memberikan efek yang begitu besar bagi kesehatan. Kentang kaya akan zat besi, fosfor, kalsium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang.

Tahu

Tahu adalah makanan yang populer di antara makanan olahan kedelai lain. Tahu sangat dikenal baik oleh para vegetarian karena kaya akan protein. Namun, makanan kaya protein biasanya memiliki kadar kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi diketahui bisa memicu timbulnya tekanan darah tinggi dan atherosclerosis. Keduanya sangat sulit disembuhkan, oleh karena itu penting bagi Anda memperhatikan kadar kolesterol selagi Anda masih sehat.

Ilustrasi Tahu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya