Cara Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Dapur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Salah satu momen paling mengerikan di dapur ketika bau tidak sedap menyelimuti area tersebut. Hal ini bisa jadi karena Anda lupa mematikan oven, atau meninggalkan makanan busuk di lemari es dan tempat sampah.

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Makanan lezat dengan rasa yang kuat dan rempah-rempah seperti ikan atau kari sering jadi penyebab utama bau bertahan lama di dapur. Tapi jangan takut, karena bau ini cukup mudah untuk disingkirkan dengan lima ide sederhana dan murah seperti dilansir dari laman Times of India berikut ini.

Tutup pintu kamar tidur sebelum memasak

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

Salah satu cara yang paling berguna untuk meminimalkan bau masak tajam adalah untuk tidak membiarkan baunya masuk ke setiap sudut-sudut rumah Anda. Tutup pintu kamar tidur dan pintu sebelum memasak, agar memastikan bau tidak sedap menjalar ke kamar tidur, atau bahkan menempel di baju Anda. Selain itu, pastikan dapur bersih sebelum Anda mulai dan selesai memasak.

Bersihkan ketika selesai

Punya Dapur Dicap Mampu? Warga Miskin Jakarta Dicoret dari KJP Plus dan KJMU

Sama sekali tak ada yang lebih buruk daripada wastafel yang penuh peralatan bau dan berminyak.  Cuci dan bersihkan semua peralatan memasak seperti panci dan penggorengan berminyak sesegera mungkin setelah Anda selesai menggunakannya. Ini akan menghemat waktu dan usaha, untuk menghilangkan noda membandel yang menempel.

Ventilasi

Usir bau busuk secepat mungkin. Untuk itu, Anda akan butuh, kipas atau cerobong asap yang dapat menghilingkan bau masakan setelah memasak. Kemudian, jangan lupa untuk mengganti filter secara teratur.

Memilah sampah

Ini adalah hal yang paling mudah untuk menghilangkan kemungkinan bau busuk. Buang sampah seperti ikan, sayuran atau apapun yang akan membusuk dalam kantong terpisah yang dapat dibuang di luar.

Cuka

Ini bekerja seperti trik sulap. Yang harus Anda lakukan adalah tuangkan cuka atau soda kue baking ke dalam mangkuk dan biarkan selama semalaman di meja dapur. Cuka cenderung menyerap bau membandel.

Ilustrasi Dapur

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya