Ini Cara Mudah Ajak Si Kecil ke Dokter Gigi

Selain karena faktor genetik, struktur dan bentuk gigi dapat berubah karena adanya kebiasaan buruk.
Sumber :
  • pixabay/mojpe

VIVA.co.id – Berkunjung dan merawat mulut dan gigi ke dokter, baik dilakukan untuk kesehatan si kecil. Namun, masalah yang sering terjadi adalah si kecil sulit diajak untuk ke dokter.

Gegara Bongkar Dugaan Perselingkuhan Suami, Seorang Istri Malah Ditetapkan Jadi Tersangka

Pemikiran anak-anak, cenderung menganggap bahwa dokter gigi adalah sebuah tempat menyeramkan dan menakutkan. Ternyata, salah satu kunci untuk memudahkan si kecil agar mau ke dokter gigi yaitu dengan menunjukkan ketenangan.

"Tetap tenang, percaya diri dan positif. Berikan juga informasi dasar pada si kecil seperti membersihkan gigi di dokter sangat baik untuk membasmi bakteri jahat di mulut," ujar dokter gigi anak, Warren Loeppky, dikutip dari Todaysparent.

Potret Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah, Terbaru Setia Temani Ajudan Prabowo Perawatan Gigi

Terlebih, jangan membuat dokter gigi sebagai tempat untuk menghukum kenakalan anak. Melainkan, berikan kisah unik dan inspiratif yang menggambarkan bahwa berkunjung ke dokter gigi adalah hal yang baik dan bermanfaat.

Usai berkunjung ke dokter, biasanya si kecil akan merasakan sakit akibat beberapa tindakan pada giginya. Pastikan agar si kecil tidak trauma dengan hal yang ia rasakan, agar tidak takut untuk kembali ke dokter gigi.

Dokter Gigi Ini Pecahkan Rekor, Punya Koleksi Pasta Gigi Terbanyak di Dunia

"Hal terbaik untuk dilakukan yaitu memastikan rasa sakitnya akan hilang perlahan dan rasa nyaman akan kembali dirasakan," jelasnya.

Para orangtua juga disarankan agar mulai mengajak anak ke dokter gigi, pada usia pertama si kecil atau enam bulan pertama. Selain itu, direkomendasikan agar memilihkan makanan yang baik untuk dikonsumsi si kecil agar mencegah kerusakan dini pada giginya.

anak menyikat gigi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya