Cara Pintar Pilih dan Bersihkan Kepiting Bagi Pemula

Kepiting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Meski menyantap kepiting di restoran adalah hal yang menyenangkan, semuanya akan terasa berbeda jika Anda memasaknya sendiri di rumah. Mengolah kepiting di rumah akan jadi tantangan tersendiri, yang tentunya seru dan mengasyikkan.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

Namun, sebelum dimasak, Anda perlu membersihkan kepiting hingga menyeluruh. Begitu juga dengan cara memilih kepiting yang segar dan memiliki banyak daging. Berikut ini caranya, seperti dilansir dari Times of India.

- Jika Anda membeli kepiting yang sudah tidak hidup, pastikan untuk memeriksa gigi-gigi di bagian capitnya. Pilih kepiting dengan ukuran gigi dan capit yang besar. Selain itu, jika kepiting memiliki cangkang yang mengkilap, itu berarti dia juga memiliki lebih banyak daging.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

- Tips lain yang penting adalah selalu beli kepiting yang disimpan di luar air. Alasannya, kepiting yang disimpan di dalam air agak aktif dan kehilangan banyak energi, sehingga daging mereka menyusut. Kepiting bisa bertahan di luar air, jika insang mereka basah.

Cara membersihkan

Beri Asistensi ke UMKM, Bea Cukai Kendari Antar Ekspor Perdana Kepiting Hidup ke Singapura

- Matikan kepiting dan pecahkan cangkangnya.

- Tempelkan ibu jari Anda dan lepaskan bagian atas cangkang. Anda dapat membersihkan bagian dalam tubuhnya untuk mendapatkan daging kepiting yang cukup banyak.

- Di bawah air yang mengalir, ambil isi perut kepiting dengan jari Anda. Anda juga bisa mengeluarkan insang dengan tangan Anda.

- Lepaskan capit besarnya, dan patahkan dengan sendok besar. Ini akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan daging yang cukup matang ketika dimasak.

- Dengan sepasang gunting besar, potong bagian perut, dan bersihkan daging di bagian tengahnya.

- Kepiting segar pun siap untuk dimasak dan dinikmati.

Kepiting saus pedas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya