Ketika Kue-kue Lezat Terinspirasi dari Kuliner Indonesia

Cake
Sumber :
  • Dok. Collete & Lola

VIVA.co.id – Indonesia terkenal akan kekayaan kulinernya, tidak hanya dengan berbagai rempah dan hidangan berat seperti rendang, atau gudeg. Namun, masih banyak kuliner lainnya yang identik dengan cita rasa Indonesia. Mulai dari penganan tradisional hingga minuman menyegarkan seperti es teler.

Resep Teddy Bear Butter Cake, Kue Kering Lucu Bisa Buat Hampers Natal

Membayangkannya saja sudah cukup menggoda untuk segera berburu kuliner khas Indonesia. Rindu dengan makanan dan minuman tradisional, namun ingin lebih eksklusif penyajiannya, tidak ada salahnya mencoba makanan yang satu ini.

Terinspirasi dari cita rasa camilan asli Indonesia dan tradisional, beberapa kue cantik ini menjadi perwujudan baru dari panganan dan minuman Indonesia yang terkenal, seperti martabak manis, hingga es teler.

Roti Hingga Cake Gemas Ini Dibuat Khusus untuk Rayakan 100 Tahun Disney

"Karena, lumayan long last rasanya, kita merasa tiga cake ini cukup mewakilkan Indonesian traditional dessert," kata Vega Gupta, Asisstant Group Manager Ismaya di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat 21 Oktober 2016.

Tiga jenis cake yang dimaksud Vega adalah cake Es Merah Delima, Cake Martabak, dan Cake Es Teler, yang seluruhnya disajikan tidak hanya cantik, seperti kue-kue andalan Colette & Lola pada umumnya, namun juga memberikan rasa yang unik dan lain daripada yang lain.

Puaskan Hasrat Ngemil, Cookies n Crumbs Punya Varian Rasa Seru

"Es teler, es merah delima, martabak dibikin jadi cake, dengan cita rasa masing-masing tapi tetap kuenya terasa. Es merah delima misalnya, biasanya buah delima rasanya asam dan dituangkan sarinya di kue ini, diambil, dibuat jeli dan dibentuk sedemikian rupa," kata Chef Beni Harsono, saat ditemui di kesempatan yang sama.

Cake Es Merah Delima sendiri tersaji dalam bentuk sponge cake vanila lembut dengan krim dan jeli merah delima, serta krim kocok lembut, dan rasa sedikit asam di dalamnya.

Rasa asam pada Cake Es Merah Delima sengaja diciptakan untuk menyeimbangkan rasa, karena maksud kue satu ini adalah es pacar cina.

“Jadi, bukan merah delima buah delima. Kalau terlalu manis enggak represent, kalau diterjemahkan dalam kue lalu manis jadi enggak balance, makanya kita taruh agak asem," jkata Dini Augiesta, Manajer Operasional Colette & Lola.

Kangen dengan es teler namun cuaca tak bersahabat karena sering hujan? Waktunya mengicip Cake Es Teler, dengan paduan sponge cake vanilla, pandan, merah muda, ditambah krim alpukat, krim kelapa, potongan nata de coco, jelly nangka, dan krim kocok yang dijamin mengingatkanmu dengan rasa segelas es teler.

"Es Teler ada rasa kelapa, layer berwarna biar ramai, di dalamnya ada nangka, kelapa, krim light," ujar Chef Beni.

Cara lain menikmati makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, martabak, juga kini bisa dinikmati dalam bentuk cake. Cake Martabak merupakan potongan kue vanila dilapis krim hazelnut, krim mentega asin, potongan kacang, timbunan keju parut, mises cokelat, krim cokelat ganache, yang dijamin akan mengingatkan pada rasa martabak manis.

Dan, bagi mereka penggemar red velvet juga cokelat, pie cake yang pertama rilis Mei lalu dengan empat varian, kini bertambah dua varian lagi.

Kerenyahan pie dan lembutnya red velvet sponge cake dengan paduan cheese tart untuk Red Velvet Pie Cake, dan sponge cake cokelat lembut untuk Choco Break Pie Cake tentu tak akan mengecewakan penggemar dessert.

Colette & Lola
Grand Indonesia West Mall
Mall Kelapa Gading, Puri Indah Mall, Senopati,
Jakarta
Harga:
Rp265.000++ (whole cake diameter 20 sentimeter)
Rp265.000++ (pie cake)
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya