Sarinah Jadi Inspirasi Fesyen bagi 'Survivor' Kanker

Pagelaran busana Iwet Ramadahan di Jakarta Fashion Week
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Peduli dengan survivor atau pejuang kanker, perancang busana Iwet Ramadhan meluncurkan karya terbarunya bertajuk I'm Still a Woman untuk pagelaran bergengsi Jakarta Fashion Week pada hari Minggu, 23 Oktober 2016 di Senayan City, Jakarta.

Tampil Apik, Model Cilik Tiara Annisa Aryani Sukses Pamerkan Karya Desainer Terbaik

Iwet berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia serta PT Mundipharma untuk menggelar kegiatan charity atau penggalangan dana tersebut. Seluruh penjualan karyanya akan didonasikan untuk penderita dan pejuang kanker di Yayasan Kanker Indonesia.

"Aku punya kepedulian dengan budaya Indonesia dan perempuan, ini aku tuangkan ke dalam motif batik untuk hari ini bertema Sarinah," kata Iwet saat jumpa pers.

Peragaan Busana Victoria Beckham di Paris Fashion Week diganggu Pengunjuk Rasa Hak-hak Binatang

Sarinah adalah seorang tokoh yang mengasuh Ir Soekarno dahulu kala. Bung Karno banyak belajar mengenai rakyat kecil, peran perempuan dalam kemerdekaan Indonesia pada tahun 1940-an.

"Semua penjualan karya Iwet dijual, dan ada juga yang dilelang. Target kami Rp 150 juta dan semuanya didonasikan untuk Yayasan Kanker Indonesia," kata Mada Shinta Dewi selaku Country Manager PT Mundipharma Healthcare Indonesia.

Peragaan Busana Kolaborasi Antara CCI dan Desainer Indonesia Jadi Sorotan di Cotton Day 2023

Perpaduan yang indah karya Iwet jauh dari aplikasi payet dan mewahnya swarovski. 

"Saya mengangkat warna tanah, erat dengan batik dan tidak mencolok. Ini pribadi Sarinah, dia punya power yang luar biasa dan menjadi inspirasi wanita," ungkap Iwet.

Sejumlah artis seperti Marcella Zalianty dan Rima Melati turut memeriahkan panggung Jakarta Fashion Week 2017 dengan karya Iwet. Di antaranya mengangkat motif ginkgo yang merupakan daun asal Jepang disandingkan dengan motif parang.

Tak hanya itu, tenun lurik dan warna cerah seperti merah, biru dan kuning menambah kemeriahan panggung JFW 2017. Uniknya, tujuh model pertama yang memperagakan karyanya tak mengenakan alas kaki.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya