Mentega Ternyata Menyehatkan, Ini Lima Manfaatnya

Ilustrasi mentega
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA.co.id – Ketika berpikir tentang diet sehat, sebagian besar orang tidak akan memasukkan mentega ke dalam daftar menu makanan. Mereka berasumsi bahwa mentega adalah makanan yang buruk bagi kesehatan tubuh. Padahal pendapat itu tidak benar.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan justru menyatakan sebaliknya. Menurut para peneliti, mentega justru menyehatkan dan baik untuk tubuh. Bahkan mereka mengungkap sederet kebaikan mentega yang selama ini belum diketahui banyak orang. Seperti dilansir dari Huffington Post, berikut manfaat mentega untuk kesehatan.

Penuh vitamin

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Menyantap roti dengan mentega di pagi hari tidak hanya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh  tetapi juga membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan produksi sel darah merah untuk vitamin A dan D.

Satu sendok makan mentega akan mencukupi 7 persen kebutuhan vitamin A dan 2 persen kebutuhan vitamin D harian Anda. Karena kedua vitamin tersebut larut dalam lemak, mentega adalah alasan utama untuk membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Menjaga tulang tetap kuat

Berkat vitamin K dan vitamin D di dalamnya, mentega juga dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Dikenal sebagai vitamin beku, vitamin K tidak hanya membantu mempertahankan kepadatan tulang tetapi juga juga dikaitkan dengan penurunan 30 persen risiko patah tulang pinggul pada wanita yang mengonsumsi setidaknya 110 mikrogram vitamin tersebut per hari. Ini dibuktikan oleh sebuah studi yang telah dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition.

Mengurangi gejala diabetes

Di dalam mentega juga ditemukan senyawa sodium butyrate. Senyawa ini dikaitkan dengan respons peningkatkan insulin bagi penderita diabetes, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Diabetes Association. Senyawa tersebut juga dapat membantu meringankan sembelit dan bahkan dapat membantu melindungi Anda dari kanker usus besar.

Melawan kanker

Dalam setiap produk olahan susu, termasuk mentega, terkandung asam linoleat. Senyawa ini berkaitan dengan pengurangan tumor pada kanker kolorektal dan bahkan dapat membantu melawan kanker payudara, menurut sebuah studi patologi eksperimental yang dilakukan di Roswell Park Cancer Institute.

Mencegah kerusakan gigi

Vitamin tertentu yang larut dalam lemak, termasuk kalsium, vitamin A, D, dan K, yang banyak ditemukan terkandung di dalam mentega dapat membantu melawan kerusakan gigi.

Ilustrasi mentega

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya