Rumah Simpel Ramah Lingkungan jadi Tren Gaya Hunian 2016

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA.co.id – Rumah ramah lingkungan, belakangan mulai banyak diterapkan oleh banyak orang ke dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sekadar hijau dan asri, konsep ramah lingkungan juga terkait dengan energi dan penggunaannya. Karena itu, pemakaian energi, seperti listrik dan air berperan penting untuk mewujudkan konsep ini.

BNI dan Ringkas Berkolaborasi Permudah Masyarakat untuk Mendapatkan Rumah

Dikenal juga dengan istilah Eco friendly house, rumah impian ini dibangun berwawasan lingkungan, dengan memanfaatkan potensi alam secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek, mulai dari layout bangunan, bahan material yang ramah lingkungan, mengoptimalkan lahan hijau hingga sistem pembuangan yang tidak merusak alam sekitar.   

Banyaknya masyarakat yang menggunakan desain rumah berkonsep ramah lingkungan ini dikarenakan munculnya kesadaran akan hidup yang sehat, kondisi alam yang rusak akhirnya mendorong masyarakat untuk mau menjaga lingkungan.

Griya Schizofren: Mengubah Paradigma dan Membangun Kesadaran

Di tahun 2016, konsep ini mulai jadi tren menurut ahli desain interior Juliana Muljawan. Juliana mengatakan pada 2016 ini model bangunan maupun rumah untuk kalangan menengah ke atas banyak yang menggunakan konsep simpel, hal ini terlihat dari kecenderungan masyarakat yang lebih memilih bangunan berdasarkan fungsi.

"Sekarang masyarakat lebih suka yang simpel dan minimalis. Mereka menggunakan lahan sesuai dengan fungsinya," ujar Juliana saat di temui di kawasan Alam Sutera, Banten, Senin, 24 Oktober 2016.

Intip Rumah Ridwan Kamil yang Ramah Lingkungan, Pakai 30 Ribu Botol

Juliana juga menambahkan saat ini banyak bangunan yang dengan konsep minimalis ini bisa dibikin dengan desain ramah lingkungan, misalnya dengan memilih perangkat elektronik yang hemat energi. Investasi awal memang dapat terbilang tinggi, namun untuk jangka panjang bisa lebih hemat.

"Konsep ini dianggap ramah lingkungan, investasi awalnya memang lebih mahal," tuturnya.

Tak hanya menjadi tren sebagai gaya hunian, bangunan lain seperti gedung perkantoran, mal, hotel, maupun apartemen, mulai ikut menerapkan konsep yang juga ramah lingkungan.

"Investor juga sedang wait and see. Sekarang mereka banyak mengembangkan hotel bujet plus. Ada keunggulan lain misalnya kelengkapan fasilitas,” tambahnya.

Rumah panel surya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya