Mengenal Manfaat Buah Kochi Yuzu

Cold Angel Hair Pasta, Marinated Tuna & Yuzu Cream Dressing
Sumber :
  • Dokumentasi Okabayashi Farm

VIVA.co.id – Mungkin di Indonesia tidak banyak masyarakat tahu tentang buah Kochi Yuzu. Buah ini sangat terkenal di luar negeri dan sering digunakan untuk bahan selai, dessert hingga minuman.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Bagi yang belum mengenal buah satu ini, Kochi Yuzu berasal dari daerah Kochi, sebuah Prefektur di Jepang. Hampir 50 persen total buah Yuzu yang ada di Jepang berasal dari daerah Kochi karena iklimnya yang cocok untuk membudidayakan Yuzu.

Dan dalam rangka memperkenalkan buah dengan banyak kandungan vitamin C ini ke seluruh dunia, prefektur Kochi mengadakan food testing di beberapa negara, di antaranya seperti Paris, New York, Sydney, Singapura, dan Melbourne.

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Saat dipromosikan, di setiap negara, buah ini mendapat sambutan positif, tidak hanya karena memiliki aroma dan rasa yang menyegarkan, namun juga karena luasnya penggunaan buah ini.

"Yuzu dapat digunakan dalam berbagai masakan. Kochi Yuzu mendapat apresiasi yang tinggi dari restoran kelas satu di Paris, New York, Singapura, dan Australia. Kochi Yuzu juga telah menyebar ke seluruh dunia dengan berbagai macam penggunaannya," kata Fujio Okabayashi, Direktur Okabayashi Farm, salah satu produsen Yuzu terbaik di Kochi, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin, 24 Oktober 2016.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Tak heran jika buah ini banyak ditemui olahannya, karena menurut Fujio Kobayashi, buah ini memang lebih enak jika telah diolah.

"Sebenarnya Yuzu tidak cocok jika dimakan langsung. Namun ekstraknya dapat digunakan sebagai dressing untuk salad, pemberi aroma untuk makanan ringan dan kue, serta Yuzu pepper untuk masakan daging. Aromanya yang luar biasa tersebut juga dimanfaatkan untuk parfum, sabun, dan kosmetik seperti aroma oil."

Yuzzu Panna Cotta & Marinated Pomelo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya