Menguak Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan

Ilustrasi pisang merah.
Sumber :
  • Pixabay/ Cegoh

VIVA.co.id – Tak banyak yang tahu jika pisang juga ada yang berjenis pisang merah. Dan tak ada salahnya, Anda pun mencoba rasa pisang ini.

Jangan Salah, Jenis Pisang Ini Mampu Obati Asam Urat dengan Tuntas

Ya, warna kulit pisang ini bukanlah kuning tapi, berwarna merah. Namun meski warna kulitnya merah, daging buahnya sama dengan pisang kuning. Kandungannya pun tak kalah bermanfaat dengan pisang kuning. Berikut sederet kebaikan pisang merah dilansir laman Lifehack.

Meningkatkan sistem imun

Cerita Raisa Suka Pisang: Bisa Naikin Mood Kalau Lagi Lemas

Pisang merah kaya akan beta-karoten dan vitamin C. Kedua antioksidan ini mampu meningkatkan kekebalan sistem imun dan memudahkan tubuh melawan bakteri jahat, virus dan mikroorganisme lain yang berbahaya.

Sumber energi

15 Manfaat Konsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Pisang merah mengandung tiga jenis gula alami yaitu fruktosa, sukrosa dan glukosa. Ketiganya membutuhkan proses yang cukup lama untuk diproses dalam perut sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan berenergi lebih lama.

Baik untuk pencernaan

Karena kandungan seratnya yang kaya, maka pisang merah baik untuk mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi. Serat juga membantu meningkatkan fungsi saluran cerna agar bekerja lebih efektif.

Mengatasi kembung

Tak hanya mengatasi konstipasi, pisang merah juga ampuh mengatasi kembung karena kandungan anti asamnya mampu meredakan masalah yang ada di perut.

Baik untuk penglihatan

Penglihatan tentu adalah salah satu anugerah yang berharga. Jika Anda menyertakan konsumsi pisang merah dalam menu sehari-hari, manfaatnya sama dengan Anda mengonsumsi wortel karena pisang merah juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A.

Mengatasi anemia

Anemia terjadi apabila tubuh mengalami kekurangan zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kandungan vitamin B6 yang kaya akan mencegah terjadinya anemia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya