10 Manfaat Mengejutkan Buah Pepaya

Buah pepaya.
Sumber :
  • Pixabay/ Sandid

VIVA.co.id – Pepaya, buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah tropis ini merupakan sumber yang kaya vitamin B dan C, flavonoid, karoten, folat dan asam pantotenat.

Daun Pepaya vs Kanker: Senjata Rahasia Alam Melawan Penyakit Ganas

Pepaya juga dikemas dengan mineral seperti tembaga, kalium dan magnesium. Semua zat ini membantu meningkatkan kesehatan Anda dalam beberapa cara.

Selain itu, pepaya juga mengandung enzim pencernaan bernama papain, yang secara luas digunakan untuk mengobati penyebab trauma, alergi dan cedera lainnya. Untuk itu, berikut ini ialah manfaat mengejutkan dari pepaya.

Gara-gara Bisnis Pepaya Rugikan Korban, Warga Cirebon Ditangkap Polisi

1. Meningkatkan pencernaan dan membantu  menurunkan berat badan

Makan pepaya dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena pepaya dikemas dengan enzim bernama papain dan serat yang meningkatkan pencernaan. Selain itu, pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori rata-rata. Itu berarti Anda dapat menurunkan berat badan sambil makan buah lezat ini.

Jangan Diabaikan, Inilah Segudang Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

2. Menurunkan kolesterol

Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C, makan pepaya dapat mencegah kolesterol dari membangun di arteri Anda. Dengan tingkat yang lebih rendah kolesterol, Anda mampu mengurangi risiko terhadap penyakit jantung Anda.

3. Meningkatkan kekebalan

Dikenal kaya vitamin C, pepaya menyediakan lebih dari jumlah ganda asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Ini berarti sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan terlindungi terhadap semua jenis infeksi lebih kuat dari sebelum mengonsumsi pepaya.

4. Baik untuk penderita diabetes

Meskipun memiliki rasa manis, pepaya memiliki kandungan gula rendah dan indeks glikemik rendah, yang membuatnya sangat baik untuk pasien diabetes. Selain itu juga kaya akan phyto-nutrisi dan vitamin, pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes dan melindungi hati.

5.Membuat mata sehat

Pepaya mengandung jumlah berlimpah flavonoid termasuk cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata Anda dari kemungkinan kerusakan.

6.Mencegah tanda-tanda penuaan

Mengonsumsi pepaya juga mampu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. plpepaya mampu melawan kerontokan rambut perempuan dan seperti yang disebutkan sebelumnya, antioksidan dan flavonoid mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membuat kulit Anda terlihat lebih muda dengan setiap gigitan.

7.Melindungi dari risiko prostat dan kanker usus besar

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health’s department, beta karoten dalam pepaya ditemukan efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat. Selain itu, antioksidan dan flavonoid yang hadir dalam pepaya mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

8.Meredakan nyeri haid

Jika Anda sering mengalami nyeri saat haid, pepaya ialah buah yang tepat untuk dikonsumsi.  enzim yang ditemukan dalam pepaya yang diken dengan  papain membantu dalam mengatur aliran darah saat menstruasi.

9.Mengurangi stres

pepaya juga membantu untuk mengurangi stres . Hal ini karena  kandugan vitamin C yang telah terbukti untuk menjaga hormon stres Anda di sisi rendah.

10.Memperkuat tulang

Pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan kaya akan vitamin C. Jadi itu baik untuk memperkuat tulang dan melindungi Anda terhadap arthritis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya