Ini Dua Cara Mudah Melepas Cangkang Udang

Ilustrasi udang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat telah dimasak, udang ialah salah satu hidangan boga bahari yang paling sedap. Dagingnya yang lembut dan sedikit garing ketika digigit membuat menyantap udang memiliki sensasi tersendiri.

Omega 3 Sulit Didapat dari Protein Hewani Binatang Darat, Dokter: Konsumsi Ikan atau Udang

Tapi bagaimana dengan mengolahnya sebelum memasak?

Udang adalah makhluk laut kecil yang memiliki kulit luar yang sangat keras, terdiri dari potongan yang tersegmentasi. Bagian bawah lebih lembut, dengan kaki berbulu dan ekor.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Ketika Anda membeli udang di supermarket, sebagian besar kepala sudah dibuang dan terkadang kakinya juga sudah dibersihkan serta dibuang.

Tapi ternyata sangat mudah untuk mengupas udang dan menghilangkan bagian yang tidak dibutuhkan.

Petambak Curhat Hadapi Masa Kritis Gegara Harga Udang Memburuk, Ini Respons KKP

Setelah melepas cangkangnya, Anda dapat membiarkan bagian ekor atau membuangnya. Meninggalkan ekor pada udang, membuat hasil akhir masakan menjadi lebih cantik. Namun, menghilangkan ekornya membuatnya lebih mudah dimakan.

Dilansir dari The Kitcn, sebenarnya ada dua cara yang berbeda untuk mengupas udang, dengan tangan atau dengan sepasang gunting dapur. Mengupas udang dengan tangan bisa dimulai dengan menarik kakinya, dan gunakan ibu jari Anda untuk memecahkan cangkangnya. Kemudian lepaskan cangkangnya dan selesai.

Sedangkan mengupas dengan gunting harus lebih halus. Gunakan gunting dapur untuk memotong cangkang bagian atas yang merupakan bagian yang keras dan, setelah retak tarik cangkangnya.

Ilustrasi udang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya