Tidak Selalu Merugikan, Ini Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit

Ilustrasi kartu kredit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kemajuan zaman dan teknologi membawa banyak kemudahan dalam segala lini kehidupan. Tak terkecuali dalam hal transaksi perbankan dan jual beli. Berkat kemajuan teknologi, kini hampir segala jenis pembayaran, mulai untuk keperluan rumah, belanja pakaian, ataupun travel bisa dibayar dengan menggunakan metode nontunai, seperti salah satunya dengan kartu kredit.

Nikmati Beragam Kemudahan Transaksi QRIS Dengan Sumber Dana Kartu Kredit BRI Lewat Aplikasi BRImo

Namun, di balik kemudahannya, penggunaan kartu kredit justru bisa membebani jika tidak digunakan dengan pintar dan bijak. Tak sedikit para pengguna kartu kredit,  justru terbelit tagihan yang menumpuk.

Ditemui usai konferensi pers Mandiri Karnaval di Birdcage, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Vira Widyasari, Senior Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri, sedikit membagikan tips bijak menggunakan kartu kredit.

Manjakan Nasabah Jelang Imlek, Bank Mandiri Tebar Promo dan Diskon

Menurutnya, kini banyak bank yang menawarkan beragam jenis kartu kredit. Untuk itu, ia menyarankan agar dapat memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan gaya.

"Sebetulnya Bank Mandiri punya untuk semua segmen sih, ada Mandiri Golf Gold Card, untuk para pencinta golf, atau ada juga untuk yang suka travelling, atau mungkin yang hanya untuk kebutuhan belanja hari-hari. Jadi ya sesuaikan dengan lifestyle. Jadi apapun lifestyle-nya, kami punya," kata dia, Rabu 26 Oktober 2016.

Cerita Inul Daratista Saat Anaknya Diam-diam Habiskan Rp65 Juta untuk Game

Selain itu, setelah memilih kartu kredit yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan, ia juga menyarankan untuk lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit. Hal ini tentu saja jika tidak ingin tagihan di akhir bulan menjadi membengkak.

"Semua kembali ke diri sendiri, seperti apa menggunakan kartu kredit. Kartu kredit itu sebenarnya fasilitas untuk mengolah dana. Jadi apapun itu, semua kembali ke pemakaian masing-masing individu," kata dia.

Selain itu, hal terakhir yang juga tidak kalah penting ialah memilih kartu kredit yang juga menawarkan banyak keuntungan dan juga manfaat. Sekarang ini menurutnya banyak sekali program atau poin yang ditawarkan dari kartu kredit.

"Kayak di kita ada itu fiesta poin yang bisa ditukarkan. Jadi transaksi apapun nanti akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan, kadang kita butuh dana yang besar tapi kan tidak suka bawa uang cash," kata dia.

Kartu kredit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya