Ivan Gunawan Kesal Produk Fesyennya Banyak Dicontek

Ivan Gunawan menjadi salah satu panitia di Indonesia Fashion Week (IFW) 2016.
Sumber :
  • instagram.com/ivan_gunawan/?hl=en

VIVA.co.id – Desainer Ivan Gunawan kecewa kasus pembajakan hak cipta di Indonesia semakin merajalela. Bukan hanya karya musik dan film yang dibajak, karya desainnya untuk produk busana bahkan ikut jadi incaran para pembajak.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Ia pun mengaku kaget produk desainnya banyak dibajak di media sosial. Selain menjadi fashion desainer, Ivan Gunawan memang  kini mencoba merambah bisnis di dunia maya sebagai wadah menjual busana siap pakai dengan label Ivan Gunawan dan Jajaka.

Igun memasarkan hasil rancangannya lewat media sosial Instagram dengan nama akun @igun_onshop, Igun menjajakan berbagai model busana seperti kaftan, baju koko, celana, ragam atasan, dan bawahan.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Namun, pria yang akrab disapa Igun ini terkejut banyak produk rancangannya dibajak  atau dicontek oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Saat aku pasarin produk-produk aku di internet, kok tenyata banyak di-copy, kaget kok barang aku udah di-copy saja," ujar Ivan saat ditemui di acara Jakarta Fashion Week 2016, Kamis 27 Oktober 2016.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Meski telah mengetahui banyak hasil rancangannya di bajak, Igun tidak berniat untuk memperpanjang masalah tersebut ke jalur hukum, karena menurutnya selama ini yang mencontek produk-produknya bukanlah perusahaan besar.

"Aku ketawa aja sih. Gila ya orang nyontek jujur banget, tapi nggak apalah yang sejauh ini yang nyontek  anak-anak muda yang suka fesyen bukannya perusahaan besar ," tutur Igun dengan nada emosi.

Ia pun menyiasati barang-barang yang dipajanganya di Instagram miliknya hanya barang-barang yang ready saja."Buat aku nggak masalah. Aku punya sistem kalau barangnya ready. Kalo nggak ready, aku nggak mau post," tambahnya.

Ivan Gunawan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya