Kenali Ragam Manfaat Kubis untuk Kesehatan

kubis ungu
Sumber :

VIVA.co.id – Mungkin masih banyak orang yang tidak menyukai kubis atau kol. Selama ini sayuran tersebut kerap dijadikan campuran soto, nasi goreng atau lalapan. Tak jarang pula sayur ini berakhir tak tersentuh oleh banyak orang. Padahal kubis atau kol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut di antaranya dilansir dari laman Boldsky.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Mengatasi masalah gigi

Ketika Anda mengalami gusi berdarah atau kekurangan vitamin C, maka kubis adalah sayuran tepat untuk Anda konsumsi. Seperti jeruk, sayur ini juga diperkaya dengan vitamin C.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Menangani bakal kanker atau benjolan di perut

Kubis atau kol dipercaya dapat menangani bisul atau benjolan lain di perut, bahkan cikal baka kanker sekalipun. Tak hanya itu,kubis juga mampu meningkatkan sistem imun, memperbaiki jaringan saraf dan melindungi Anda dari penyakit Alzheimer. Kubis juga merupakan salah satu sayuran kaya serat dan membantu tubuh menahan air lebih banyak untuk waktu yang lama.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Melawan infeksi

Sulfur dalam kubis membantu tubuh dalam melawan infeksi. Kubis juga dikenal ampuh mengobati luka.

Melawan kanker

Dewasa ini, setiap empat orang mengalami kanker. Kubis mengandung beberapa kandungan antikanker seperti lupeol, sinigrin dan sulforaphane yang menstimulasi aktifitas enzim untuk menghentikan pertumbuhan tumor.

Mengatasi nyeri sendi

Glutamin dalam kubis diketahui dapat berperan sebagai zat anti inflamasi yang mampu melindungi tubuh dari iritasi, nyeri sendi dan masalah kulit lain.

Membersihkan darah

Kubis juga dikenal sebagai penawar racun yang ampuh membersihkan darah dan mencegah Anda terserang reumatik, arthritis dan encok.

Melindungi mata

Beta-karoten dalam kubis berperan untuk melindungi mata dari berbagai penyakit dan juga mencegah pembentukan katarak pada mata.

Baik untuk otak

Selain mengandung serat, vitamin dan mineral, kubis juga memiliki kandungan iodin yang dapat membantu otak agar berfungsi lebih maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya