Maksimalkan Keamanan Rumah, Cegah Cedera Balita

Ilustrasi balita aktif bergerak
Sumber :
  • Pixabay/techlec

VIVA.co.id – Banyaknya kasus kecelakaan atau cedera yang dialami anak-anak di rumahnya sendiri. Tentunya masalah keamanan buah hati Anda di rumah harus menjadi perhatian khusus orangtua.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Kebanyakan, kasus tersebut terjadi akibat orangtua yang belum memahami tahapan perkembangan buah hatinya, yang sudah mampu bergerak dan beraktivitas dengan bebas.

Tidak ada yang berharap sesuatu yang buruk terjadi pada buah hati kita, namun ada baiknya orangtua tetap waspada pada kondisi dan lingkungan si kecil yang berpengaruh dalam proses tumbuh kembangnya. Karena itu, berikut ini beberapa kemungkinan cedera yang dialami si kecil selama masa tumbuh kembangnya. Seperti dikutip dari laman Baby Arabia.

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

1. Jatuh

Si kecil yang sudah bisa berjalan, sangat rentan untuk jatuh di beberapa tempat dan mencederai tubuhnya. Pastikan memasang pegangan di dinding untuk beberapa tempat yang berbahaya, misalnya tangga, atau tempat-tempat yang mungkin dipanjat.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Pastikan juga untuk menjauhkan beberapa furnitur dengan ujung yang tajam. Serta, jangan biarkan si kecil menggunakan baby walker di saat tidak dalam pengawasan Anda.

2. Tenggelam

Banyak kasus bayi yang tenggelam akibat orangtua lengah terhadap pengawasan si kecil. Untuk itu, jangan pernah meninggalkan buah hati saat sedang di toilet. Tetap pastikan untuk memasang pegangan di dinding kamar mandi.

3. Keracunan dan tersedak

Hal ini sering terjadi pada anak, yang masih dalam tahapan memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Jadi, selalu bersihkan lantai tempat ia berpijak agar terhindar dari kasus keracunan.

Selain itu, pastikan untuk tetap memberikan makanan lembut dan ringan untuk dicerna di mulutnya. Disarankan juga untuk menjauhkan benda seperti tali maupun benang, yang sekiranya akan dimainkan si kecil dan malah membuatnya tercekik.

bayi bermain

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya