PAPDI Dorong Para Dokter untuk Edukasi Masyarakat Langsung

Stetoskop dokter
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kekeliruan dan kurangnya informasi tentang suatu penyakit di Indonesia seringkali, menyebabkan para pasien yang mengalami penyakit kronis terlambat ditangani.

Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI

Untuk itu, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dalam Pertemuan Ilmiah Nasional, selain mendorong peningkatan kompetensi para dokter spesialis penyakit dalam, juga mendorong agar para dokter juga mampu memberikan informasi jelas kepada masyarakat awam.

"Itu memang menjadi misi, jadi dalam visi misi PAPDI itu tadi, bahwa soal anggota PAPDI harus memberikan informasi yang benar ke masyarakat," kata DR . Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, Ketua PAPDI Jakarta Raya, saat jumpa Pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman Jakarta Pusat, Jumat 28 Oktober 2016.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Ia juga mengatakan, saat ini di beberapa daerah juga mulai banyak dokter yang aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat, di luar dari jam praktiknya sebagai dokter.

"Kaya di Gorontalo itu cukup aktif talkshow ke media, ke televisi, kami memang memberikan akses itu, dan itu sebagai laporan kegiatan mereka ke kita," tambah Ari.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Menurutnya, hal tersebut mempunyai poin tersendiri untuk seorang dokter. Penilaian ini nantinya akan diakumulasi untuk rekomendasi pada saat sertifikasi terutama untuk dokter penyakit dalam yang biasa diadakan selama 5 tahun sekali.

"Poin-poinnya selain mengikuti pelayanan ilmiah, 20 persennya juga pengabdian masyarakat, oleh karena itu apapun namanya menjadi narasumber, atau mengumpulkan dan memberikan informasi di pengajian, itu salah satu poin penting," kata dia.

Menurutnya, jika poin tersebut tidak mampu terpenuhi, seorang dokter terutama penyakit dalam, tidak bisa mendapatkan izin praktik.

"Jadi dia harus interaksi bukan dalam pengobatan tapi harus benar benar terjun ke masyarakat," tegas dia.

Lansia periksakan diri ke dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya