Sekaten, Persembahan Didi Budiardjo untuk Pia Alisjahbana

Karya Didi Budiardjo di JFW 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Desainer kenamaan Didi Budiardjo  menghadirkan koleksi terbaru di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2017. Didi memilih Pia Alisjahbana sebagai inspirasi koleksinya.

Bocoran Tribute to Barli Asmara di Jakarta Fashion Week 2021

Menurutnya, sosok Pia Alisjahbana sangatlah inspiratif dalam menumbuhkan dunia pendidikan dan gaya hidup Indonesia. Sehingga tepat rasanya bila dia memilih Pia pada koleksi penutup JFW 2017.

Seperti biasa, Didi selalu menyematkan unsur-unsur budaya Jawa dalam rancangannya. Untuk itu dia pun mengambil prosesi adat Sekaten pada karyanya kali ini.

Jakarta Fashion Week 2021 Digelar Virtual

Gaya dandy military Barat dipadukan dengan cara bangsawan Jawa memakai beskap dan kain jadi sesuatu yang unik. Sementara untuk warnanya sendiri, yakni putih, merah, hitam dan emas.

Dia menambahkan bahwa koleksi ini dikerjakan dengan memakan proses sekitar 3 bulan. Sedikitnya, ada 10 koleksi yang Didi tampilkan dengan gaya Sekaten lebih sederhana.

Jakarta Fashion Week 2021 Tampilkan 60 Desainer

"Saya ingin menampilkan Sekaten dalam bentuk yang sederhana yang bisa mencerminkan kehidupan orang fesyen sekarang. Saya menghadirkan 10 koleksi untuk ini," ujar Didi Budiardjo kepada VIVA.co.id saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat.

Kendati mengambil tema Sekaten, Didi tetap menampilkan sisi modern dan kekinian. Itu lantara dia ingin koleksinya tersebut dapat diterima penikmat fesyen.

"Meski tradisional saya menciptakan Sekaten dalam bentuk modern dan fashionable. Semoga bisa diterima oleh penikmat fesyen," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya