Asupan Sehat di Musim Hujan

Ilustrasi Yoghurt. Bakteri probiotik biasanya terdapat dalam yoghurt.
Sumber :
  • Pixabay/ ponce_photography

VIVA.co.id – Ketika musim hujan tiba, tubuh memerlukan energi ekstra untuk melindungi diri dari berbagai serangan penyakit. Tentunya dibutuhkan sistem imun yang kuat untuk terhindari dari hal tersebut.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Memperkuat sistem imun bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen atau obat-obatan khusus. Namun, mengapa mesti menggunakan obat jika Anda bisa memanfatkan 'obat alami' yang disediakan oleh alam, seperti yang dilansir dari laman Delish berikut ini.

Buah sitrus
Vitamin C adalah yang paling Anda butuhkan agar tubuh tidak rentan terserang penyakit. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dari buah-buah sitrus seperi jeruk, anggur, dan lemon.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Jamur (button mushroom)
Tidak hanya mengandung vitamin B dan niasin, tetapi kandungan selenium dalam jamur mampu meningkatkan kekebalan sistem imun. Anda bisa tambahkan jamur pada menu makanan Anda sehari-hari.

Makanan fermentasi
Untuk memperkuat sistem imun, makanan fermentasi ternyata juga bisa membantu Anda. Makanan seperti acar dan yogurt mampu meningkatkan kadar bakteri baik dalam usus dan meningkatkan produksi antibodi.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Brokoli atau bayam
Brokoli dilengkapi dengan vitamin A, C, dan E, mineral, dan antioksidan. Cobalah untuk menambahkan brokoli pada santapan Anda agar tubuh menjadi kebal dari serangan penyakit. Tak hanya brokoli, bayam bisa jadi alternatif lain.

Ilustrasi bawang putih

Bawang putih
Tidak hanya, konon, menangkal vampir, bawang putih juga mampu menangkal serangan penyakit. Konsumsi bawang putih mampu meningkatkan sistem imun karena kandungan asilin di dalamnya.

Kerang
Kerang memang dikenal sebagai makanan yang kaya gizi. Kerang mengandung zinc yang berguna untuk pembentukan dan mengaktifkan sel darah yang berfungsi memerangi virus di dalam tubuh.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya