Ibu Ternyata Berpotensi Besar Tularkan Bakteri Mulut ke Anak

Ilustrasi ibu dan anak
Sumber :

VIVA.co.id – Jika Anda berpikir apa yang ada dalam mulut Anda tidak bisa menyebar ke orang lain, kini Anda harus berpikir ulang. Karena, menurut drg. Udijanto Tedjosasongko, Sp.KGA(K), bakteri yang ada dalam mulut yang dinamakan bakteri streptococcus mutans atau bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, dapat menular ke orang lain.

13 Obat Sakit Gigi Alami dan Obat Apotik yang Paling Ampuh

"Penularannya secara langsung dan tidak langsung. Bakteri ini bisa berpindah dari satu orang ke orang lain melalui media air liur. Misalnya memakai gelas atau sendok bersama-sama," ujar Udi saat di temui di sebuah acara di kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara, penularan secara langsung dapat terjadi misalnya saat orangtua mencium anaknya. Penularan ini bisa terjadi dalam frekuensi dan intenitas yang sering.

3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

Karenanya, lanjut Udi, siapapun orang terdekat atau yang setiap waktu dekat dengan anak adalah, menurut sejumlah penelitian, adalah yang paling berpotensi menularkan bakteri ini pada anak.

"Umumnya, ibu yang nomor satu muncul. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian yang menunjukkan ada bakteri yang sama," imbuh Udi.

Jangan Disepelekan, Gigi Keropos Anak Picu Gangguan Jantung

Bakteri

ilustrasi sakit gigi.

VIDEO: Enggak Mau Sakit Gigi? Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini

Gigi berlubang disebabkan oleh penumpukan bakteri pada mulut, sering mengonsumsi makanan yang manis, serta kebersihan mulut

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2021