Bahaya Menelan Pasta Gigi pada Anak

Menyikat gigi anak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut memang harus ditanamkan sejak dini. Meski anak-anak masih memiliki gigi susu yang dapat berganti dengan gigi tetap.

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Namun, dalam membimbing anak menjaga kesehatan giginya, orangtua juga harus memerhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah penggunaan pasta gigi.

Menurut drg. Udijanto Tedjosasongko, Sp.KGA(K), penggunaan pasta gigi hanya diperuntukkan bagi anak yang sudah bisa berkumur saja dan meludah saja. Karena, bila anak belum bisa berkumur dan pasta gigi tertelan akibatnya bisa membahayakan bagi anak.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

"Umumnya pasta gigi mengandung fluoride. Kalau fluoride tertelan banyak, tidak terbuang, fluorode itu bisa terakumulasi dalam tubuh dan akibatnya tidak baik," urai Udi saat ditemui di sebuah acara di kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Apalagi, banyak pasta gigi anak yang memiliki rasa buah-buahan manis yang disukai anak. Jika fluoride ini menumpuk pada tubuh, maka akan menimbulkan kondisi yang disebut dengan fluorosis.

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Udi menjelaskan, akumulasi bahan fluoride dapat memengaruhi organ dalam tubuh dan bersifat toksik.

"Fluorosis pada gigi bisa menyebabkan gigi kelihatan putih seperti kertas, bentuknya tidak beraturan, ada cekungan-cekungan pada permukaan gigi dan membuat gigi menjadi jelek bentuknya," ujar Udi.

Ilustrasi sikat gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya