Kepintaran Anak Tidak Tumbuh Secara Otomatis

Ilustrasi homeschooling.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Setiap anak memiliki karakter berbeda. Untuk itu, mereka pun dianugrahi kepintaran yang berbeda. Menurut psikolog dan pendidik Dr. Thomas Armstrong, ada delapan jenis kepintaran pada anak yakni word smart, number smart, picture smart, music smart, people smart, self smart, dan\

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Ada anak yang menonjol di bidang musik, menggambar, menghitung, atau bercerita. Jadi, kepintaran pada satu anak belum tentu sama dengan anak lainnya.

Parenting Educator Dr. Andyda Meliala menuturkan, sejak dini semua kepintaran pada anak bisa distimulasi. Bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Misalnya orangtua ingin menstimulasi music smart anak, dia bisa menyanyikan lagu pada bayi dalam kandungannya.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

"Stimulasi perlu dikembangkan karena kepintaran anak itu tidak tumbuh secara otomatis. Contohnya ketika anak belajar berjalan, pasti orangtua akan membimbing dari mulai dia merangkak, berdiri, hingga berjalan," kata Andyda saat acara peluncuran Parenting Club Wyeth Nutrition di Jakarta, Kamis, 3 November 2016.

Stimulasi ini bisa dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Namun, setiap anak juga diberikan stimulasi yang berbeda sesuai dengan tahapan pertumbuhan anak. Selain itu, Andyda menyarankan, kegiatan stimulasi ini harus dilakukan secara terus menerus.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

"Karena kepintaran itu tumbuh melalui pengulangan dan dilatih terus menerus. Dibangun menjadi sebuah kebiasaan orangtua," kata Andyda.

Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024