Tips Membuat Smoothie Sayuran yang Sehat dan Lezat

Ilustrasi smoothie.
Sumber :
  • Pixabay/xxolgaxx

VIVA.co.id – Green smoothie atau smoothie sayuran hijau adalah salah satu minuman sehat yang memberi tubuh berbagai nutrisi penting seperti serat, zat besi, zinc yang tentunya baik untuk kesehatan.

Jarang Diketahui, 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Puasa Tahan Lama

Karena komposisinya yang didominasi sayuran hijau, maka ada kemungkinan untuk mendapati smoothie yang agak pahit. Namun, hal itu dapat diatasi jika Anda tahu cara mengatasinya. Berikut beberapa tips membuat smoothie dari sayuran hijau dilansir laman Hapy Juicer.

Lemon atau jeruk nipis

Beberapa sayuran memiliki rasa yang pahit. Untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Lemon atau jeruk nipis akan mengurangi rasa pahit dan menghilangkan rasa 'sayur' pada smoothie Anda. Tak hanya itu, dengan air perasan lemon ini, smoothie Anda akan menjadi lebih segar.

Gunakan buah yang kaya akan serat larut

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Anda harus tahu bahwa serat terdiri dari dua jenis yaitu serat larut dan serat tidak larut. Sayuran hijau terdiri dari serat tidak larut, oleh karenanya Anda membutuhkan serat larut untuk menambah tekstur creamy dan lembut pada smoothie. Buah dengan serat larut yang bisa Anda campur dengan smooothie adalah pisang, stroberi, kiwi dan alpukat.

Perbandingan buah dan sayur

Jika rasa sayuran terlalu kuat, maka Anda bisa tambahkan beberapa potong buah. Hal ini perlu Anda lakukan terutama saat mengenalkan smoothie pada si kecil. Tentunya mereka lebih memilih smoothie yang manis ketimbang pahit.

Buang bagian sayur yang keras

Sayuran Hijau Picu Asam Urat Ternyata Mitos, Ini Penyebab Sebenarnya

Saat membuat smoothie, kita cenderung menggunakan seluruh bagian sayur. Tidak hanya mengurangi rasa pahit, membuang bagian sayuran yang teksturnya keras akan membuat smoothie semakin lembut. Pastikan seluruh komposisi dihaluskan secara merata.

Sayuran hijau

Tekanan darah tinggi

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang membutuhkan perhatian serius dalam hal pola makan. Pola makan yang sehat bisa membantu kontol tekanan darah

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024