Iklan Makanan dan Gen Tertentu Pengaruhi Obesitas Anak

Ilustrasi junk food
Sumber :
  • Pixabay/jimmyxrose

VIVA.co.id – Anak-anak yang terpapar iklan makanan terlalu sering, memiliki kemungkinan untuk makan berlebihan, terutama jika mereka memiliki versi gen tertentu yang terkait dengan obesitas. Seperti yang dibuktikan sebuah penelitian.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Sebuah gen yang dikenal sebagai massa lemak dan gen obesitas, atau FTO, datang dalam berbagai versi yang sedikit berbeda. Dan yang pertama yang akan dihubungkan dengan obesitas oleh penelitian genetik, tulis para peneliti pada 18 Oktober di International Journal of Obesity.

Jenis gen berinteraksi dengan lingkungan yang penuh dengan iklan junk food dapat membuat anak-anak lebih mungkin untuk meraih camilan ketika itu diiklankan di televisi, bahkan ketika mereka kenyang. Hal ini menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar dari obesitas.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

"Banyak orang bertanya kepada saya mengapa mereka tidak bisa melewatkan satu piring brownies ketika duduk di meja sementara sahabat mereka bisa," kata Dr Diane Gilbert-Diamond, penulis utama studi dan asisten profesor epidemiologi di Dartmouth College di Lebanon, New Hampshire dikutip Huffington Post.

"Ini pertanyaan yang menarik karena hal itu sampai ke perbedaan individu dalam cara orang menanggapi makanan," katanya.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Banyak orang berpikir ini masalah pengendalian diri, namun penelitiannya melihat bagaimana isyarat makanan memotivasi konsumsi.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa iklan makanan di televisi dapat mempengaruhi bagaimana orang bereaksi dan mengkonsumsi makanan. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa memiliki FTO dikaitkan dengan kemungkinan 20 persen lebih tinggi menjadi obesitas dibandingkan dengan orang dengan versi gen lain.

Dalam penelitian ini, 172 anak-anak dari Rumah Sakit Anak di Dartmouth-Hitchcock, usia 9 dan 10, diuji untuk menentukan versi gen mereka. Dari tiga versi, 16 persen dari anak-anak memiliki salah satu yang paling berbahaya, 18 persen memiliki versi terkait dengan risiko obesitas terendah dan 48 persen memiliki versi moderat berisiko.

Di seluruh kelompok, 26 persen anak-anak yang mengalami obesitas, dan orang-orang dengan genotipe yang berisiko tinggi lebih mungkin untuk masuk  dalam kategori ini, menurut laporan tersebut.

Dalam percobaan, semua anak-anak disajikan makan siang dan kemudian secara acak ditugaskan untuk kelompok-kelompok yang akan menonton salah satu dari dua versi dari 34 menit acara TV anak anak yang didalamnya tertanam dengan delapan menit dari makanan atau iklan mainan.

Para peneliti memberi setiap kelompok anak-anak makanan ringan, seperti permen, kue, cokelat untuk dimakan selama acara dan diukur berapa banyak kalori yang dikonsumsi anak-anak. Mereka juga mensurvei anak-anak tentang bagaimana mereka merasa lapar.

Anak-anak yang melihat versi acara dengan iklan makanan, termasuk satu iklan untuk permen kenyal, makan rata-rata 48 kalori lebih banyak daripada anak-anak yang melihat iklan mainan. Tidak ada perbedaan dalam berapa banyak anak-anak melihat iklan makanan atau mainan makan permen yang tidak diiklankan.

Dalam hal kalori ekstra dikonsumsi secara keseluruhan, anak-anak dengan versi gen berisiko tinggi makan 125 kalori lebih banyak.

"Ada banyak upaya untuk memahami apa yang membuat beberapa orang lebih atau kurang rentan terhadap makan berlebihan," kata Dr Jennifer Harris, direktur inisiatif pemasaran di Rudd Pusat Kebijakan Pangan dan Obesitas di Universitas Connecticut.

"Fakta bahwa para peneliti ini memastikan semua orang kenyang sebelum mereka mulai eksperimen, serta genotip, membuat efek lebih menarik," kata Dr Harris, yang tidak terlibat dengan penelitian ini.

"Orangtua harus ingat bahwa bahkan dalam sebuah keluarga, anak-anak bisa berbeda," kata Dr Gilbert-Diamond. "Satu anak mungkin tidak makan berlebihan, dan yang lainnya mungkin merengek ketika melewati toko es krim."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya