Bawang Putih Mampu Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menambahkan perasa seperti garam dan gula memang tidak dianjurkan ketika memulai makanan pendamping ASI (MPASI), namun Anda tetap bisa menambahkan bumbu tambahan seperti bawang putih untuk membuat makanan lebih lezat.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bayi akan menyusu lebih baik kalau ibu mengonsumsi bawang putih. Sebuah penelitian di tahun 1993 menunjukkan bahwa waktu menyusu bayi akan lebih lama jika ibu mengkonsumsi bawang putih dibandingkan dengan ibu yang tidak makan bawang putih.

Dikutip dari Asian Parent, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Agar buah hati Anda mendapatkan semua manfaat tersebut, mereka harus mengkonsumsi bawang putih segar, bukan dalam bentuk olahan seperti bubuk atau pasta.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Jika Anda ingin memasak bawang putih, potong-potong bawang putih untuk mengeluarkan allicin di dalamnya, tapi jangan memasaknya terlalu matang karena akan menurunkan nilai nutrisinya.

Untuk memulai memberikan bawang putih pada bayi Anda, pastikan buah hati Anda sudah bisa mengkonsumsi makanan padat, sekitar usia enam bulan atau 7-9 bulan. Mereka juga sudah bisa diberikan makanan yang sedikit diberi bumbu.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Bawang putih itu juga harus ditambahkan ke dalam makanan anak, bukan diberikan secara langsung karena akan sulit dikunyah dan berbahaya jika tersedak.

Jika Anda berencana mengenalkan bawang putih pada buah hati, cobalah tambahkan pada makanan yang sudah biasa dikonsumsi buah hati Anda. Dengan begitu Anda akan mudah mengenali jika sesuatu yang negatif terjadi.

Ilustrasi bawang putih

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya