Borobudur Marathon 2016, Lari Melintasi Tiga Gunung

Borobudur Marathon 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar acara olah raga berpadu pariwisata atau yang biasa disebut sportourism. Acara yang bekerja sama dengan Kementerian pariwisata ini mengangkat tema Borobudur Maraton 2016. Acara yang akan berlangsung di Jawa Tengah tersebut akan berlangsung pada 20 November 2016 mendatang.

Agak Laen, 11 Ribu Peserta Lari Maraton Kepergok Naik Kendaraan di Tengah Perlombaan

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, acara Borobudur Marathon 2016 ini untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia agar tercapai target dua juta wisatawan mancanegara (Wisman) pada tahun 2019.

"Destinasi wisata Borobudur perlu digencarkan promosinya, antara lain melalui event sport tourism seperti ini sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisman yang ditargetkan sebanyak dua juta pada 2019," kata Menpar Arief Yahya saat ditemui di gedung Sapta pesona, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 7 November 2016.

Peserta dari 23 Negara Ramaikan Bromo Marathon 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan gelaran acara Borobudur Marathon 2016 ini untuk meningkatkan potensi pariwisata di Jawa Tengah. Semakin banyak acara dibuat dipercaya akan semakin banyak pula wisatawan berkunjung.

"Sebenarnya kita mesti menciptakan event untuk memeriahkan, colourful, itu yang ada di sana. Karena Borobudur itu potensinya ada, banyak event yang kita bisa buat. Untuk sport sekarang ada maraton, terus kita bicara sepeda, orang lagi suka itu. Kemudian rafting juga ada di sana," ujar Ganjar.

Seru, Ratusan Keluarga Ikut Serta Ramaikan Ajang MAG Dino Run 2022

Taman Lumbini yang berada di area komplek Borobudur pun dipilih sebagai lokasi start dan finish Borobudur Marathon 2016. Diestimasi akan hadir sekitar 20 ribu peserta dari mancanegara dan wisatawan dalam negeri.

"Keseluruhan peserta Borobudur Marathon 2016 sekitar 20 ribu orang, termasuk dari mancanegara, dengan total hadiah sebesar Rp4 miliar," ujar Ganjar.

Nantinya acara Borobudur Marathon 2016 akan dibagi menjadi lima kategori. Yakni, kategori ambassador and selebrun, 10K marathon, 21K half marathon, 41K marathon, dan ultra-marathon yang menempuh jarak 122 kilometer, melewati tiga gunung yakni Sindoro, Sumbing dan Slamet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya