Dua Masalah Kesehatan yang Sering Timbul di Usia Remaja

Remaja
Sumber :
  • Pixabay/Cheryl Holt

VIVA.co.id – Remaja memiliki segudang aktivitas yang dijalaninya di lingkungan sekitar. Meski baik untuk kehidupan sosialnya, namun, tidak jarang, lingkungan sekitarnya menjadi sumber masalah pada kesehatan anak remaja.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Salah satunya yaitu kebersihan kulit pada anak remaja. Jarang anak remaja yang memperhatikan kebersihan kulitnya sehingga menimbulkan masalah yang sering dialami terkait kesehatannya.

"Penyakit kulit itu sering sekali terjadi sama anak usia-usia remaja, seperti jerawat, hampir setiap orang pasti merasakan mempunyai jerawat,  hal itu biasa karena hormonal untuk anak usia remaja,  selain itu ada juga penyakit kulit yang di sebabkan karena jamur," ujar spesialis kulit, dr.Nenden,SpKK dalam acara NClinique Goes to School & Campus, di BPK Penabur, Bintaro, dalam rilis yang diterima Viva.co.id pada Kamis, 10 November 2016.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Diakui dokter yang bekerja di NClinique tersebut, penularan pada penyakit kulit anak remaja, akibat seringnya berganti pakaian dengan orang lain.

Ditempat dan waktu yang sama, spesialis gizi dr. Retno Sp.GK juga menjelaskan akan masalah gizi yang sering timbul pada usia remaja, yakni obesitas.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

"Akibat yang dapat dirasakan secara langsung pada anak remaja yang obesitas dapat membuat anak kurang pede dengan penampilannya. Obesitas ini terjadi akibat dari asupan energi yang didapat dari makanan lebih banyak daripada pengeluarannya," ucap Retno.

Maka dari itu, lebih baik menjaga dari pada mengobati. Sehingga diharapkan para penerus bangsa jauh dari penyakit-penyakit ringan yang dapat menghambat aktifitas mereka sehari-hari.

Ilustrasi anak remaja pegang kartu kredit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya