Waspada Diabetes pada Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Diabetes memiliki beberapa tipe, salah satunya adalah yang umum menyerang ibu hamil, atau yang disebut dengan diabetes gestasional.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr. Sandra Utami Widyastuti, SpPD menjelaskan, diabetes gestasional terjadi karena dipengaruhi perubahan hormonal selama masa kehamilan.

"Pada saat dia tidak hamil, kadar gula darahnya baik. Atau, setelah melahirkan kadar gula darahnya turun. Perubahan hormon ini yang mempengaruhi kadar gula darah. Tapi, walaupun temporer, penderita berisiko besar menderita diabetes di kemudian hari," kata Sandra saat media gathering di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis, 10 November.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Terjadinya perubahan hormon ini mengakibatkan insulin yang bekerja mengubah gula menjadi energi tidak berfungsi dengan baik, sehingga gula menjadi meningkat di dalam darah.

Tentu saja ini akan berisiko pada janin yang dikandung. Sandra mengatakan, ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional masuk ke dalam golongan kehamilan berisiko tinggi atau high risk pregnancy.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

"Karena itu harus dilakukan monitor kesehatan pada ibu dan bayi. Akibatnya bisa bayi lahir terlalu gemuk, kurus, atau prematur. Dan risiko bayi meninggal di dalam perut pun tinggi. Karenanya, diabetes saat hamil harus dimonitor secara ketat," kata Sandra.

Risiko diabetes gestasional juga bisa terjadi jika bayi sebelumnya lahir dengan berat lebih dari 4 kilogram.

Untuk pengobatan diabetes gestasional, Sandra menambahkan, hanya menggunakan insulin saja. Karena ibu hamil tidak bisa menggunakan obat-obatan untuk menjaga keselamatan janin. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya