Empat Penyebab Uban Muncul di Usia 20-an

Ilustrasi menyisir rambut pria.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebagian besar orang mulai memiliki uban di usia 30-an, tapi kapan uban muncul di rambut juga berkaitan dengan ras Anda. Ras Kaukasia cenderung memiliki uban lebih awal dibandingkan ras Afrika-Amerika, dan riwayat keluarga.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Namun, jika Anda sudah beruban di usia 20-an, itu hal yang biasa apalagi jika orangtua Anda juga beruban di usia muda. Namun, jika rambut Anda mulai kehilangan pigmen lebih awal dibandingkan anggota keluarga Anda yang lain, kemungkinan ada masalah lingkungan dan gaya hidup yang memengaruhi.

Marie Jhin, MD, seorang ahli dermatologi bersertifikat dan direktur Premier Dermatology di San Farncisco, Amerika Serikat, memaparkan sejumlah penyebab uban yang muncul di usia muda seperti dilansir Health.com.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Stres Berlebih
Sebuah penelitian dari New York University di tahun 2013 yang dipublikasikan di Nature Medicine menemukan bahwa stres dapat menyebabkan penipisan sel punca dari dasar folikel rambut pada tikus percobaan.

Kondisi Medis
Dalam kasus yang jarang terjadi, uban prematur bisa juga dipicu oleh masalah kesehatan seperti tiroid atau masalah di kelenjar pituitari. Penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia atau vitiligo juga dapat menyebabkan munculnya uban.

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Dr Jhin menjelaskan, autoimun artinya sel Anda menyerang tubuh Anda sendiri. Jadi jika sel tubuh Anda menyerang sel rambut, akibatnya timbullah uban.

Kekurangan Vitamin
Kemungkinan penyebab uban adalah kekurangan vitamin B12. Ada beberapa faktor yang membuat Anda berisiko, seperti vegetarian atau konsumsi pil KB. Jika uban Anda terkait dengan B12, kemungkinan besar ini dikarenakan anemia parah, penurunan sel darah merah yang disebabkan ketika usus tidak bisa menyerap vitamin B12 yang cukup.

Rokok
Dr Jhin mengatakan, merokok adalah hal buruk yang Anda lakukan pada kulit dan rambut Anda. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara merokok dengan timbulnya uban di usia sebelum 30 tahun. Jika Anda memperhatikan para perokok, Anda akan melihat adanya kerutan di kulit mereka. Mungkin keriput itu tidak terlihat di kulit kepala, tapi tetap akan memengaruhi seluruh folikel rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya