Kenalkan Tanah Air Melalui Makanan Khas Indonesia

Ilustrasi gado-gado.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Ragam jenis suku, hadir dan hidup berdampingan di Indonesia. Selain adat istiadatnya yang unik, berbagai suku tersebut memiliki jenis makanan khas yang berbeda-beda.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Seringkali, masyarakat hanya mengenal makanan khas negara lain seperti negeri Cina dan Thailand. Padahal, Indonesia sendiri bisa bersaing dan menonjolkan ragam jenis masakannya yang lezat.

"Tren makanan khas Indonesia harus ditingkatkan. Bagaimana caranya orang di seluruh dunia mengenal makanan Indonesia seperti masakan padang ataupun masakan sunda," ujar Chairman APOT.ASIA, Bambang Sujatmiko di Fairmont Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Namun, lanjut Bambang, Indonesia harus lebih mengedepankan ciri khasnya melalui makanan yang benar-benar berbeda dari masakan negara lain, khususnya Asia. Sebab, negara-negara di Asia, cenderung memiliki rasa dan bentuk makanan yang hampir sama.

"Kita harus mengedepankan apa yang memang menjadi ciri khas Indonesia misalnya nasi goreng, sayur lodeh, atau gudeg jogja. Sehingga orang akan mengenal Indonesian Food," jelasnya.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Oleh sebab itu, dengan hadirnya Asia Pacific Onboard Travel (APOT) sejak 2010 lalu, membuat para maskapai penerbangan bisa mengenalkan makanan khas berbagai negara Asia Pasifik di seluruh dunia. Sehingga, dengan mengedepankan kerjasama antar maskapai dalam satu wadah, membuat peningkatan terhadap daya tarik berbagai negara Asia Pasifik terhadap masyarakat global.

"Visi dan misi APOT.ASIA sudah jelas untuk mempererat kebersamaan yang dinamis dan harmonis antar perusahaan Asia Pasifik. Termasuk mewujudkan promosi destinasi wisata Indonesia," ujarnya.

Lalapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya