Tujuh Cara Tak Mudah Lelah Sepanjang Hari

Ilustrasi lelah
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Ada sebagian orang yang mudah tidur, di mana pun, kapan pun. Ada juga orang yang mulai merasakan kantuk saat pagi hari, dan justru merasa semangat di malam hari.

Bulan Puasa dan Lebaran Usai, Ini Tips Bugar Ala Citra Kirana 

Sehingga, saat pagi datang, orang-orang seperti ini terlihat seperti zombie, merasa lelah sepanjang hari. Mencoba tidur lebih cepat, tidaklah selalu berhasil dilakukan.

Nah, Anda merasa sebagai anggota kelompok aktif di malam hari, cobalah beberapa cara mudah ini, agar tidak merasa lelah saat siang hari. Meski tanpa minum kopi dan kafein hanya, agar bisa melalui hari dengan baik dan tanpa lelah, seperti dilansir Gurl:

Pentingnya Sport Clinic untuk Jaga Kebugaran Atlet Selama Kompetisi

Lewatkan sereal

Bayangkan, saat bangun tidur, membuka lemari es untuk menuangkan susu dalam semangkuk sereal. Tentu, hal ini menjadi rutinitas wajar bagi mereka yang bisa tidur lelap di malam hari.

5 Hal Ini Perlu Anda Tahu Agar Efek Sehat Olahraga Maksimal

Tapi tidak, bagi mereka yang kurang tidur di saat malam. Benar, Anda akan merasa kadar gula meningkat dalam beberapa jam. Tapi saat lewat tengah hari, lelah akan kembali menghampirimu.
Cobalah untuk mengonsumsi makanan seperti buah, atau telur yang bisa memberi energi cukup lama.

Berhenti melihat video streaming

Suka begadang hanya untuk nonton drama, atau video favorit yang terlewat secara maraton, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Karena, cahaya dari layar komputer akan membuat tubuh berpikir dan memaksa untuk terus terjaga, juga membuat otak lebih sulit untuk melepaskan melatonin, hormon yang membantu tubuh tertidur.

Dengarkan lagu favorit

Saat sedang dalam perjalanan menuju tempat kerja, atau kampus, bahkan sekolah, dengarkan musik untuk menghadapi hari. Jika bisa, dengarkan musik sambil bekerja.

Hal ini akan membantu kamu terjaga dan bisa menyelesaikan semua tugas, atau pekerjaan.

Berjalan cepat

Saat merasa mata semakin berat ketika berada di dalam kelas, berdirilah. Keluar sebentar untuk berjalan cepat ke arah toilet. Duduk di dalam kelas, atau di balik meja sepanjang hari akan membuat tubuh mudah merasa kantuk.

Jadi, cobalah untuk sedikit berjalan sesekali, agar membuat mata tetap terbuka saat berada di dalam kelas.

Minum air jangan kopi

Meski sangat ingin minum es kopi grande, jangan lakukan hal ini, selain ketergantungan pada kafein, juga tidak akan baik bagi tubuh, seperti gangguan jantung. Saat merasa kantuk, pastikan untuk mengisi botol air Anda dan meminumnya.

Gunakan aroma untuk tetap terbangun

Tahukah kamu bahwa aroma tertentu bisa memicu otak untuk tetap terjaga? Aroma seperti kayu putih, jeruk, mint, atau rosmarin bisa membantu tubuh tetap terjaga sepanjang hari,.

Jangan lupa untuk selalu membawa permen mint atau aroma jeruk untuk membantu terjaga saat siang.

Berjemur

Saat duduk di dalam ruangan sepanjang hari, tubuh akan kurang sinar matahari. Bahkan, meski cuaca sedang dingin, seperti saat ini, pastikan tubuh untuk tetap mendapat sinar matahari.

Dengan terpapar matahari, akan membantu tubuh menyadari bahwa kamu perlu terjaga dan aktif. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya