Kemenkes Fokus Pendekatan Keluarga di Sembilan Provinsi

Kerja Nyata Kemenkes di Tengah Masyarakat Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Kesehatan RI memiliki target membentuk Program Indonesia Sehat yang berkaitan dengan keluarga. Rencananya, pada 2018 mendatang, program yang diberi nama Pendekatan Keluarga ini akan dilaksanakan secara bertahap.

COVID-19 Menuju Endemi, Aturan Wajib Masker Akan Dihapus?

Tahapan yang dimulai pada 2018 mendatang itu, akan dilaksanakan bertahap, dengan target pada akhir 2019, seluruh puskesmas di Indonesia telah dapat melaksanakan program pendekatan keluarga tersebut.

Sehingga, langkah awal di 2018, yakni Kemenkes memfokuskan pada sembilan provinsi prioritas mencakup Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Update COVID-19 Hari Ini 6 Maret 2022: Kasus Positif Tambah 24.867

Sebab itu, dengan peluncuran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) terkait program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, diharapkan agar perilaku hidup sehat dimulai dari lingkungan keluarga.

"Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga yang sehat dapat dengan mudah menciptajan masyarakat yang sehat," ujar Menkes Nila F. Moeloek, ditemui di peringatan Hari Kesehatan Nasional, di gedung Kemenkes RI, Jakarta, Senin 14 November 2016.

Kasus COVID-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Lewati Gelombang 3?

Ditambahkannya, Germas akan menjadi suatu tindakan sistematis dan terencana yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Hal tersebut, nantinya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, Menkes menegaskan, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan harus dibangkitkan. "Biasakan bergaya hidup sehat. Dengan begitu, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan," jelasnya. (asp)

Ilustrasi Sehat (Dok. Pribadi)

Inovasi Kesehatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Kesehatan menurut Organisasi Kesehatan dapat disimpulkan bahwa kondisi sutu keadaan sejahtera baik badan, jiwa, sosial, dan ekonomi.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2022