TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Ini Rekomendasi Menu Makan Siang yang Tidak Bikin Gemuk

Salah pilih menu makan siang, cegah timbulnya sakit kepala, dan lelah.
Ini Rekomendasi Menu Makan Siang yang Tidak Bikin Gemuk
Menu Makan Siang Sehat (pixabay/takazart)

VIVA.co.id – Makan siang sehat dan bergizi, sangat penting dan dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap produktif sepanjang hari. Namun, karena kesibukan yang sulit dihindari, banyak yang akhirnya memilih fast food untuk menjadi menu makan siang.

Padahal, dengan kalori yang cukup dari menu makan siang, dapat mencegah timbulnya sakit kepala, kelelahan, kelaparan berlebih hingga keinginan untuk mencicipi camilan yang kurang sehat, sehingga kebiasaan tersebut membuat tubuh masih gemuk. Untuk itu, berikut beberapa resep menu makan siang cepat, nikmat dan bergizi dari para ahli gizi, dikutip dari laman prevention.

1. Semangkuk salad

Tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya. Cukup dengan sebuah mangkuk mungil, mampu mencakup tumpukan salad kesukaan Anda.

Makanan yang kaya protein seperti tahu dan kacang panjang, kemudian gandum, lalu tambahkan sayuran kesukaan serta taburan buah untuk memberi rasa berbeda. Ahli gizi Sharon Palmer, turut menyarankan saus salad yang sehat untuk dikonsumsi misalnya olive oil dan sedikit parutan bawang putih.

2. Camilan siang

Jika Anda tidak sempat menyiapkan menu makan siang saat malam sebelumnya, ahli gizi Julie Harrington menyarankan beberapa pilihan sehat untuk camilan siang. Salah satunya dengan buah seperti apel dan pir serta sayuran seperti wortel kecil yang mudah dikonsumsi.

Untuk lebih membuat perut penuh, sediakan juga greek yoghurt serta biskuit gandum.

3. Gulungan telur dan hummus

Hummus adalah sejenis cocolan atau saus gurih khas timur tengah. Hummus terbuat dari kacang Arab giling yang dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam dan bawang putih.

Rebus telur serta sediakan hummus, jadikan dalam satu gulungan. Hummus merupakan alternatif saus gurih yang mampu memberikan rasa, dibandingkan pemakaian mayonais yang mengandung lemak jahat. Ahli gizi Leah Kaufman, menyarankan untuk menggulungnya dengan roti gandum serta makanan pendampingnya dengan wortel, tomat, serta anggur.

4. Tuna sandwich

Sediakan dua potong roti gandum, ikan tuna, satu sendok mayonais, satu sendok teh mustard serta selada dan tomat yang telah didinginkan. Menurut ahli gizi Keri Gans, gizi dari sandwich tersebut mengandung protein dan serat yang cukup, sehingga membuat tubuh merasa kenyang hingga waktunya makan malam.

Salad buah dan sayuran segar.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP