Makan Pisang Merah, Ini Tujuh Manfaat Kesehatannya

Ilustrasi pisang merah.
Sumber :
  • Pixabay/ Cegoh

VIVA.co.id – Meski kebanyakan orang akrab dengan buah pisang berwarna kuning, fakta mengungkapkan bahwa pisang merah justru lebih mengandung sederet manfaat bagi kesehatan.

Jangan Salah, Jenis Pisang Ini Mampu Obati Asam Urat dengan Tuntas

Pisang merah atau sering juga disebut Red Spanyol, pisang Kuba, pisang Colorado atau lal kela adalah pisang asli yang banyak ditemukan di India atau kawasan Asia Tenggara. Tetapi sekarang pohon pisang merah juga tumbuh di Australia, Selandia Baru dan banyak tempat di Kepulauan Pasifik.

Dilansir dari Lifehack, berikut beberapa manfaat pisang merah bagi kesehatan:

Cerita Raisa Suka Pisang: Bisa Naikin Mood Kalau Lagi Lemas

Peningkatan imunitas

Satu buah pisang merah kaya akan beta-karoten dan vitamin C. Buah ini adalah antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih mudah melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya agar tetap sehat, dan terhindar dari flu.

15 Manfaat Konsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Mengandung banyak energi

Satu buah pisang merah mengandung tiga varietas gula alami, yaitu fruktosa, sukrosa dan glukosa. Karena beberapa gula ini dicerna dengan cepat dan ada pula yang lambat, maka mengonsumsi buah ini akan memberikan lonjakan energi yang cepat dan kemudian melambat, atau dengan kata lain energi berkelanjutan sepanjang hari. Ini membuatnya cocok disantap saat sarapan.

Meningkatkan pencernaan

Karena begitu kaya serat, pisang merah juga merupakan pilihan bagus jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti sembelit. Serat membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan mendorong makanan melalui sistem perncernaan dengan lebih efisien, mengurangi kemungkinan Anda menderita dari rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat sembelit.

Mengatasi mulas

Sembelit bukan satu-satunya masalah lambung yang bisa diatasi dengan mengonsumsi pisang merah. Buah ini juga dapat membantu masalah dengan sakit maag. Pisang merah memiliki antiasam yang akan meredakan maag dan menenangkan perut yang nyeri. Jika dikonsumsi secara teratur, bahkan bisa mengatasi mulas kronis.

Meningkatkan penglihatan

Penglihatan adalah hal yang berharga, namun sering diremehkan. Namun, diet yang mencakup pisang merah secara teratur mendukung kesehatan penglihatan yang baik karena kaya akan vitamin A, yang dibutuhkan mata untuk berfungsi dengan baik

Baik untuk jantung

Satu buah pisang merah juga merupakan pilihan yang cocok untuk diet demi jantung yang sehat. Hal ini karena pisang merah kaya akan kalium, yang ampuh melawan efek negatif natrium dan menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan bentuk penyakit jantung lain, serta masalah kesehatan seperti stroke.

Mengatasi anemia

Anemia adalah kondisi serius di mana tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk menghasilkan hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh lainnya. Pisang merah dapat membantu  mengobati anemia karena kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya