TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Sinyal Penting Tubuh saat Paru-Paru Bermasalah

Kenali beberapa tanda berikut.
Sinyal Penting Tubuh saat Paru-Paru Bermasalah
Ilustrasi Serangan jantung (pixabay/geralt)

VIVA.co.id – Paru-paru merupakan salah satu organ vital di tubuh yang wajib menjadi perhatian. Namun, seringkali, jarang yang mengenali saat paru-paru sudah dalam kondisi yang tidak sehat.

Tubuh memiliki beragam caranya sendiri untuk menyampaikan sinyal bahwa paru-paru sedang dalam keadaan tidak fit. Untuk itu, kenali beberapa tanda berikut agar mampu memahami kondisi paru-paru Anda, dikutip dari laman Prevention.

Selalu merasa kekurangan energi

Selalu merasa kelelahan seperti sehabis berlari maraton usai menaiki beberapa anak tangga? Hal tersebut bertanda bahwa sel-sel tubuh kekurangan oksigen yang dihantarkan oleh paru-paru untuk menghasilkan energi di seluruh tubuh.

Sulit bernapas

Pernapasan yang mulai memendek dan cenderung terasa sulit, bukan hal yang bisa disepelekan. Adanya kemungkinan paru-paru kesulitan dalam mengeluarkan udara dan tertimbun terlalu banyak di dalamnya. Segera temui dokter jika keadaan ini Anda rasakan.

Kebingungan

Otak menggunakan 15 hingga 20 persen kebutuhan oksigen di dalam tubuh. Jika sumber oksigen yang berasal dari paru-paru, tidak mencukupi, serta terlalu banyak kadar karbon dioksida, maka ada kemungkinan besar Anda mengalami kebingungan hingga mengantuk.

Batuk terus menerus

Kondisi batuk yang terjadi dalam jangka lama yakni lebih dari tiga minggu, harus segera Anda waspadai. Terlebih jika diiringi darah, lendir atau demam yang harus diwaspadai. Kemungkinan besar Anda mengalami bronkitis kronik.

Perubahan warna kulit

Pasti setiap individu memiliki warna alami pada kulit serta bibirnya. Namun, saat sel darah merah kekurangan oksigen yang berasal dari paru-paru, akan mengubah warna kulit. Terlihat dari bibir , kuku serta jari yang membiru akibat kekurangan kebutuhan oksigen.

Ilustrasi batuk

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP