Tips Agar Buah dan Sayur Tetap Segar

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Makanan adalah salah satu pengeluaran terbesar dalam keluarga sehingga penting bagi Anda untuk memilih makanan yang dibeli dan pandai-pandai menyimpannya agar tahan lama. Jika Anda ingin mengurangi jumlah makanan yang terbuang sia-sia terutama karena membusuk dan sejenisnya, pastikan Anda sudah menyimpan makanan tersebut dengan benar.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Meskipun lemari es adalah salah satu opsi termudah untuk mengawetkan makanan, namun ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar makanan yang Anda beli bertahan lebih lama. Berikut beberapa di antaranya dilansir laman Lifehack.

Jauhkan sayuran dan buah segar dari kompor gas

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Pastikan Anda tidak menaruh atau menyimpan sayuran dan buah segar di dekat kompor gas. Gas alami yang terdapat pada kompor gas akan membuat makanan Anda menjadi matang lebih cepat dan akhirnya membusuk.

Jauhkan dari panas dan asap

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Jangan menyimpan sayuran dan buah segar di area panas seperti dekat oven, kompor atau asap rokok. Asap yang berasal dari alat-alat apapun, menyebabkan pematangan lebih cepat. Pematangan yang prematur akan memengaruhi ketahanan makanan. Usahakan untuk menyimpan produk segar pada suhu rendah.

Bersihkan lemari pendingin

Salah satu faktor yang memengaruhi ketahanan sayuran dan buah adalah lemari pendingin yang bersih. Cara ini memang membutuhkan waktu, namun bersih-bersih adalah hal mendasar. Hal ini karena kebersihan akan mencegah makanan terkontaminasi dari zat lain dan kesegarannya tetap terjaga lebih lama. Lemari pendingin yang tidak bersih biasanya ditumbuhi jamur dan spora yang berperan dalam proses pembusukkan makanan.

Jangan dipotong ketika disimpan

Jangan memotong buah atau sayur ketika disimpan. Potonglah buah dan sayur saat akan digunakan. Memotong sayur atau buah ketika ingin disimpan akan membuatnya lebih cepat matang dan membusuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya