Aturan Menu Makan Tepat untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi bekal makanan.
Sumber :
  • Pixabay/jelly

VIVA.co.id – Indonesia masuk dalam sepuluh negara, dengan kategori jumlah penyandang diabetes yang cukup tinggi. Sehingga, pemahaman akan aturan makan yang tepat, harus diberikan secara spesifik.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Menurut ahli gizi, Dr. Irene Gabriela M.Gizi, pilihan gizi seimbang harus diterapkan oleh para penyandang diabetes. Hal tersebut mencakup konsumsi gizi makro dan mikro.

"Gizi makro yaitu karbohidrat, protein, dan lemak baik. Gizi mikro yaitu vitamin dan mineral," ujar Irene dalam acara Hidup Sehat Dengan Diabetes di kawasan Sudirman, Jakarta.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Pemilihan karbohidrat, kata Irene, sebaiknya menghindari yang mencakup kategori simpleks, yakni yang langsung dapat diserap oleh tubuh sehingga membuat gula darah meningkat drastis. "Hindari asupan yang memiliki kandungan karbohidrat simpleks (dua jenis karbohidrat sederhana dan kompleks) seperti gula pasir," jelasnya.

Mengenai protein, disarankan oleh Irene dengan kombinasi hewani serta nabati dalam porsi tidak lebih dari 30 persen dari kebutuhan kalori tubuh. Selain itu, penyandang diabetes juga masih memerlukan asupan lemak untuk tubuhnya.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Pilih lemak baik seperti minyak zaitun dan omega tiga dari ikan," katanya.

Untuk sayur, disarankan per porsinya sebesar genggaman tangan orang dewasa serta buah seperti satu buah apel atau sepuluh buah anggur. Itu dikonsumsi sebanyak tiga hingga lima porsi sehari.

Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari para penyandang diabetes?

"Camilan yang kadar gulanya tinggi, misal minuman yang memiliki rasa, itu kadar gulanya sama dengan kebutuhan gula dalam sehari. Hindari juga buah durian dan nangka karena kalorinya yang bisa meningkat secara drastis."

Tes gula darah penderita diabetes

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya