Studi: Ibu Alergi Berisiko Lahirkan Anak Autisme

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang terlahir dari ibu yang memiliki alergi berisiko menderita autisme. Begitu pula dengan tingginya angka Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa paparan alergi dalam rahim memicu perubahan jangka panjang pada otak bayi.

Para ilmuwan berpikir hal yang sama juga mungkin terjadi pada anak manusia yang lahir dari ibu dengan gejala alergi saat hamil.

Dokter Bingung Asal Muasal Benda Asing Mirip Paku di Tubuh Stevie Agnecya, Kena Santet?

Alergi tersebut bisa saja ringan seperti alergi serbuk bunga, atau yang memang mengancam jiwa seperti alergi kacang.

Dilansir laman The Sun, para peneliti di Ohio State University membuat peka tikus betina dengan memberinya telur kemudian memberinya makan sedikit selama hamil. Hal ini memicu sel sistem imun untuk mencoba dan mengusir alergen dengan cepat.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Tes berikutnya menunjukkan bahwa tikus yang baru lahir mengalami perubahan signifikan pada struktur otak mereka. Tikus yang selamat hingga dewasa menunjukkan adanya tanda autisme, hiperaktif, dan perilaku antisosial.

"Ini membuktikan bahwa paparan alergen saat kehamilan mengubah perkembangan dan fungsi otak. Anak laki-laki yang lahir dari ibu terpapar alergen terlihat lebih banyak dari perempuan. Mereka sangat hiperaktif tapi tidak terikat secara sosial. Hal itu terlihat sedikit seperti ADHD," kata peneliti Profesor Kathryn Lenz.

Sebagai informasi, autisme dan ADHD 3-4 kali lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibandingkan perempuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya