Julia Perez Bicara soal Bahaya Internet bagi Anak-anak

Julia Perez.
Sumber :
  • Instagram.com/juliaperrezz

VIVA.co.id – Di era teknologi ini, dunia internet kian maju dan berkembang pesat. Tentu saja internet memberikan banyak dampak positif. Namun, bukan berarti tidak ada risiko, terutama bagi pengguna yang masih kanak-kanak dan belum cukup umur. Tak dipungkiri, dunia maya juga sempat memakan korban anak-anak karena salah penggunaan.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Untuk itu, aktris Julia Perez memandang perlu adanya pembelajaran lebih lanjut mengenai internet untuk anak-anak. Ia bahkan mendukung kampanye pendidikan internet untuk anak-anak.

"Kami juga memberikan materi bahaya negatif dari internet kepada anak-anak. Karena banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan melalui internet," ujar artis yang akrab disapa Jupe belum lama ini.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Salah satu contoh, pemberian materi dengan tema Save Child Internet sudah dilontarkan ke SMA Negeri 68 Jakarta. Konsep Bersahabat Dengan Internet dapat mendekatkan remaja dengan arti positif dunia maya.

"Pelakunya tidak hanya orang Indonesia dan juga dewasa ya. Apalagi sekarang korban anak-anak juga banyak melalui Internet. Sehingga kita dari kepolisian juga perlu memberikan materi sejak dini mengenai budaya internet," ujar Kombes Pol dr. Drs. Fadil Imran, MSi kepada VIVA.co.id.

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

Kini, aturan dan sanksi semakin digencarkan dan pelaku akan dijerat pasal 27 ayat 3 serta pasal 28 ayat 2 tentang penyalahgunaan internet. "Pidana enam tahun penjara dengan denda Rp 1 hingga 5 miliar," kata Fadil.

Menurut Jupe, sudah sepatutnya anak-anak hanya menggunakan internet untuk melakukan hal-hal positif dan bahkan kalau bisa memberi manfaat bagi orang lain. Ia mengatakan, salah satu contoh penggunaan internet yang postif adalah mengekspos seorang yang membutuhkan dana karena penyakit tertentu.

"Atau seperti saya untuk mendekatkan diri dengan fans dan memberikan short education dengan hal-hal positif," ucap Jupe.

Julia Perez

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya