Tips Jitu Membuat Pizza Sendiri di Rumah

Pizza.
Sumber :
  • Pixabay/ PublicDomainImages

VIVA.co.id – Pizza tidak hanya terkenal di benua Eropa dan Amerika saja. Makanan ini juga populer di Asia, termasuk di Indonesia. Tidak sedikit orang Indonesia yang menggemari makanan ini.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, Anda tak perlu repot-repot pergi ke restoran pizza setiap kali ingin menikmati hidangan asal Italia satu ini. Pizza bisa Anda buat sendiri di rumah. Memang bukan hal yang terbilang mudah untuk membuat pizza, namun juga tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Jika Anda tertarik membuat pizza rumahan sendiri, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti dilansir dari laman Brightside.

Restoran Pizza Autentik Italia Peraih 'Top 50 Pizza' Kini Hadir di Jakarta

Adonan

Bahan-bahan
-900 gram tepung terigu
-10 gram ragi segar
-0,5 liter air
-10 gram minyak zaitun
-20 gram garam laut halus

Gak Perlu ke Luar Negeri, Nongkrong ala Restoran Mewah New York Ada di Jakarta

Aduk adonan dengan konsisten. Untuk membuat adonan lembut dan kenyal, ayak tepung terlebih dahulu. Pada wadah, taburkan ragi dengan air dingin dan aduk hingga rata. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit pada air tersebut dan jangan biarkan tepung menggumpal. Lalu aduk adonan dengan sisa tepung dan garam.

Tambahkan minyak zaitun

Untuk membuat adaonan yang elastis, penting untuk menambahkan minyak zaitun ke dalam adonan. Uleni adonan hingga seluruh bahan merata. Pindahkan ke tempat yang lebih bersih hingga dan terus uleni hingga adonan tidak lagi lengket.

Menguleni dengan tangan

Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan biarkan mengembang pada suhu ruangan selama satu jam. Biarkan volumenya meningkat dua kali lipat.

Gunakan tangan untuk memipihkan adonan sepipih mungkin. Taburkan sedikit tepung pada adonan dan renggangkan mulai dari bagian tengah.

Membuat kulit pizza garing

Oleskan wadah pemanggang dengan minyak zaitun dan taburi tepung agar adonan tidak lengket pada wadah. Taburkan topping yang sudah Anda pilih ke atas adonan dan masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan hingga suhu 180-200 derajat Celsius selama 10 menit.

Memilih saus

Jangan mengoleskan lebih dari tiga sendok makan saus pada pizza berukuran normal. Anda juga tidak harus menambahkan pasta tomat. Krim keju atau saus pesto juga cocok dinikmati dengan pizza. Perhatikan pula kekentalan saus, jangan terlalu cair agar pizza tidak menjadi lembab.

Memilih topping

Semakin sedikit jenis topping, maka lebih baik. Jangan menggunakan lebih dari empat jenis topping untuk satu buah pizza. Usahakan agar satu pizza hanya memiliki satu lapis topping, dengan ketebalan tidak lebih dari satu sentimeter.

Topping terakhir yang sebaiknya Anda taburkan terakhir adalah keju parut. Topping lain seperti sayuran atau tumbuhan herba yang ditaburi setelah pizza matang, atau tepat sebelum disajikan.

Ilustrasi pizza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya