Melihat Lebih Dekat Kebaya Wanita Nomor Satu Indonesia

Kebaya kampanye Go Red for Women
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Kebaya dari tahun ke tahun selalu mengalami modernisasi. Meski demikian, wanita terlihat anggun saat mengenakannya.

Warga Malaysia Demam Baju Lebaran Indonesia: Cantik, Unik dan Murah!

Dan wanita yang sering menjadi sorotan saat mengenakan kebaya adalah Ibu Negara atau ibu wakil presiden Indonesia. Kebaya atau pun baju-baju yang mereka kenakan dalam berbagai suasana dan acara tak jarang menjadi cerminan bangsa saat melakukan kunjungan ke luar negeri.

Kebanyakan masyarakat hanya biasa melihat pakaian presiden, Ibu Negara ataupun istri wakil presiden dari layar kaca, media cetak atau online. Namun, bagi Anda yang ingin melihat lebih dekat pakaian mereka, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menggelar pameran baju-baju presiden, Ibu Negara dan ibu wakil presiden Indonesia melalui kampanye Go Red for Women mulai 30 November-31 Desember 2016 dalam perayaan hari jadinya ke-35.

Potret Selvi Ananda Tampil Anggun Pakai Kebaya saat Upacara Tuai Pujian: Cantiknya Calon Ibu Negara

Ini adalah sebuah kampanye yang mengajak perempuan menjadi lebih sadar akan penyakit jantung dan cara pencegahannya. Sementara pameran akan berlangsung di Plaza Indonesia tersebut memamerkan 10 kebaya dan satu baju yang pernah digunakan oleh presiden, Ibu Negara dan ibu wakil presiden RI.

Dari ke-10 koleksi tersebut, di antaranya milik almarhumah Ainun Habibie, almarhumah Siti Rahmiati Hatta, almarhumah Nelly Adam Malik, almarhumah Raden Ayu Siti Hartinah atau Tien Soeharto, almarhumah Ratu Emma Norma Sudharmono. Selain itu, milik Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Ani Yudhoyono, Mufidah Kalla, Sinta Nuriyah Wahid, Herawati Boediono, dan Tuti Sutiawati Sutrisno.

Video Raline Shah Sedang Fitting Kebaya Viral, Netizen: Beneran Mau Nikah?

"Kebaya tradisional warna kuning milik Ibu Ainun Habibie. Kebaya ini sama seperti dalam film Habibie dan Ainun, tapi ini adalah yang aslinya, digunakan saat pelantikan Bapak Habibie tahun 1998, " kata mantan Puteri Indonesia, Zivanna Letisha di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, 23 November 2016.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kebaya lain yang dipamerkan, seperti kebaya warna biru muda perpaduan songket hijau milik almarhumah Nelly Adam Malik, dan kebaya hijau dengan kombinasi cokelat dan merah milik almarhumah Siti Rahmiati Hatta.

Kebaya kampanye Go Red for Women

Yang menarik adalah pakaian kebaya tradisional milik almarhumah Tien Soeharto dengan motif bunga merah yang sering dilihat di televisi juga turut dipamerkan. Kemudian ada kebaya yang sarat dengan cerita, seperti kebaya hitam penuh dengan payet dan dipadukan dengan batik milik Ani Yudhoyono, yang digunakan saat berkunjung ke Istana Buckingham dan berfoto bersama Ratu Elizabeth II serta Pangeran Philip.

Sementara kebaya putih lengkap dengan penutup kepala dari bahan tile milik Sinta Nuriyah Wahid, yang digunakan saat bertemu dengan Paus Yohannes Paulus II di Vatikan. Dan yang lain daripada lainnya adalah pakaian mirip safari milik Megawati Soekarno Putri.

Kebaya itu memiliki empat kantong di bagian atas dengan kancing berukuran sedang warna kuning emas, dipadukan dengan rok selutut.

Kebaya kampanye Go Red for Women

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya